:

Gerbangrakyat.com – Ide Bisnis makanan selalu menarik untuk dicoba, terutama di tengah tren pengiriman makanan secara online yang semakin berkembang.

Dengan modal yang relatif kecil dan bahan-bahan yang mudah ditemukan, banyak jenis bisnis kuliner yang dapat dimulai dari rumah dan memiliki potensi untuk sukses besar.

Artikel ini akan membahas berbagai ide bisnis makanan yang menjanjikan, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih inovatif. Selamat membaca dan semoga terinspirasi untuk memulai bisnis kuliner Anda sendiri!

19 Ide bisnis Makanan

1. Silky Pudding/Agar-Agar

Puding dan agar-agar dapat menjadi pilihan bisnis kuliner yang menjanjikan. Dengan modal awal sekitar Rp 100 ribu, Anda bisa memulai bisnis ini.

Bahan-bahan seperti powder agar-agar, gula pasir, susu, dan tepung maizena mudah ditemukan di warung-warung sekitar.

2. Makanan Olahan Aci

Jajanan berbahan dasar aci sangat populer, seperti baso aci, cibay, cimol, cilok, dan cimin. Makanan ini cocok sebagai bisnis karena pasarannya luas dan banyak diminati oleh anak muda.

Bahan-bahan yang diperlukan mudah ditemukan di pasar, sehingga memudahkan Anda untuk memulai bisnis ini dari rumah.

3. Roti Bakar/Lapis

Menjual roti bakar atau roti dengan berbagai toping dan isian, baik yang asin maupun yang manis, adalah ide bisnis yang patut dicoba.

Rasanya yang enak dan pembuatannya yang mudah membuat bisnis ini menarik. Anda dapat berinovasi dengan berbagai rasa, varian, dan topping.

4. Sambal Buatan Sendiri

Sambal adalah elemen penting dalam hidangan masakan Indonesia. Membuka bisnis sambal buatan sendiri menarik karena pasar yang luas.

Proses pembuatannya sederhana dan modalnya relatif kecil. Pilih bahan berkualitas, gunakan kemasan menarik, dan tawarkan berbagai varian sambal untuk menarik pelanggan.

5. Dimsum

Dimsum mentai merupakan salah satu varian dimsum yang populer saat ini. Makanan ringan ini disukai berbagai kalangan dan dapat disajikan dalam berbagai variasi, baik dikukus maupun digoreng.

Anda juga bisa menjualnya dalam keadaan sudah matang atau masih beku.

6. Bisnis Frozen Food

Frozen food memiliki prospek pasar yang menjanjikan karena kemudahan dan praktisnya proses memasak. Produk seperti nugget, bakso, fish stick, sosis, tempura, dan salmon roll sangat diminati.

Untuk sukses, penting untuk mencari supplier yang terpercaya dan menyediakan produk berkualitas tinggi.

7. Rice Bowl

Rice bowl adalah pilihan bisnis kuliner yang tidak rumit dan bisa dijalankan dari rumah. Isi mangkuk nasi dengan berbagai lauk, sayuran, dan kerupuk yang dapat Anda kreasikan. Target konsumen bisa dari karyawan atau mahasiswa yang mencari makan siang.

8. Dessert Box

Dessert box menggabungkan berbagai elemen seperti kue lembut, brownies, whipped cream, dan coklat dengan toping beragam.

Kemampuan mengkreasikan variasi dan rasa membuat ide bisnis ini sangat kreatif dan terus berkembang. Produk ini cocok sebagai hadiah atau hantaran ulang tahun karena tampilannya yang estetis.

9. Salad Buah

Salad buah adalah opsi kuliner yang sederhana namun populer. Penting untuk memahami jenis sayuran/buah yang cocok untuk dijadikan salad dan kandungan nutrisinya, sehingga dapat memastikan salad buah yang dihasilkan tidak hanya lezat tetapi juga bernutrisi.

10. Jasa Katering

Jika Anda gemar memasak makanan rumahan, memulai bisnis jasa katering bisa menjadi pilihan yang menarik.

Menurut survei dari Jakpat, 61% responden karyawan lebih suka memesan makanan rumahan secara online. Tren katering sehat atau diet juga sedang populer, menjanjikan potensi yang baik.

11. Tahu Goreng

Tahu goreng adalah camilan favorit yang mudah dibuat. Anda bisa mengkreasikan tahu goreng dengan berbagai varian isian seperti ayam, cabai pedas, sosis, dan jamur untuk menambah daya tarik.

12. Kukis Berkelembutan (Soft-baked Cookies)

Soft-baked cookies sedang menjadi tren, terutama di kalangan milenial dan generasi Z. Teksturnya yang lembut dan penuh dengan coklat meleleh membuat kukis ini diminati. Proses pembuatannya sederhana dan bahan-bahannya mudah didapat.

13. Brownies

Brownies memiliki potensi pasar yang baik. Untuk bersaing, inovasi dalam pembuatan brownies penting. Kreasi dengan berbagai toping seperti green tea atau tiramisu dan kemasan menarik bisa menjadi nilai tambah.

14. Risol Mayo

Risol Mayo yang viral di TikTok semakin diminati. Kombinasi mayo, sayuran, daging, dan telur menciptakan sensasi leleh di mulut.

Anda bisa mengkreasikan isiannya agar risol buatan Anda unik dan menawarkan dua pilihan penyajian: matang dan beku.

15. Kue Basah/Kering

Bisnis kue basah dan kering populer terutama saat hari-hari besar seperti Lebaran. Meskipun terlihat musiman, sebenarnya bisnis ini bersifat sepanjang tahun karena sering dipesan untuk berbagai acara penting.

16. Camilan Beragam Keripik

Keripik adalah camilan favorit di Indonesia. Dengan berbagai jenis keripik seperti kentang, singkong, dan durian, bisnis ini memiliki potensi omzet besar. Modalnya relatif kecil, tetapi minat terhadap keripik tetap tinggi.

17. Ayam Geprek

Ayam geprek populer dan mudah diolah. Dengan harga terjangkau, ayam geprek banyak diminati oleh pelajar dan mahasiswa.

Anda bisa berinovasi dengan berbagai topping, sambal, atau makanan pendamping untuk menarik pelanggan.

18. Makanan Pedas Level

Makanan pedas dengan tingkatan level yang beragam sangat diminati, khususnya oleh anak muda. Berbagai macam makanan pedas seperti bakso mercon, seblak, dan mie pedas bisa menjadi pilihan. Berikan nama unik pada setiap level pedas untuk menambah daya tarik.

19. Donat

Donat adalah pilihan bisnis kuliner yang tepat, terutama bagi yang memiliki keahlian di bidang bakery. Donat dapat dibuat dari tepung atau kentang dengan berbagai pilihan topping untuk berinovasi.

Dengan tren pengiriman makanan secara online yang semakin berkembang, Anda dapat memasarkan bisnis kuliner Anda secara luas dari rumah. Banyak bisnis kuliner yang dimulai dari rumah kini sukses menghasilkan omzet jutaan rupiah berkat memanfaatkan tren online food delivery. Selamat mencoba!

Share: