:

Gerbangrakyat.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan kenaikan yang signifikan pada penutupan perdagangan Selasa sore. IHSG ditutup di level 7.253, mengalami kenaikan sebesar 77,2 poin atau 1,08 persen dibandingkan perdagangan hari sebelumnya. Kenaikan ini menunjukkan sentimen positif di kalangan investor domestik.

Menurut CNN Indonesia, transaksi saham pada hari ini mencapai nilai Rp13,53 triliun dengan volume perdagangan sebanyak 19,63 miliar saham. Dari 780 saham yang diperdagangkan, sebanyak 287 saham mengalami penguatan, 240 saham melemah, dan 253 saham stagnan.

Pergerakan bursa saham di kawasan Asia menunjukkan hasil yang beragam. Indeks Nikkei 225 di Jepang mengalami penurunan sebesar 1,34 persen. Di Hong Kong, indeks Hang Seng Composite juga mencatatkan penurunan yang lebih tajam sebesar 1,72 persen. Sementara itu, di Korea Selatan, indeks Kospi berhasil menguat tipis sebesar 0,33 persen.

Senada dengan pergerakan di Asia, bursa saham Eropa juga bergerak variatif. Indeks FTSE 100 di Inggris mencatatkan kenaikan sebesar 0,84 persen, menunjukkan sentimen positif di pasar saham Inggris. Di sisi lain, indeks DAX di Jerman turun tipis sebesar 0,21 persen. Sementara itu, indeks CAC 40 di Prancis mencatatkan kenaikan signifikan sebesar 1,46 persen.

Di bursa saham Amerika Serikat, seluruh indeks utama kompak berada di zona hijau. Indeks S&P 500 menguat sebesar 0,53 persen, indeks NYSE Composite naik 0,72 persen, dan indeks NASDAQ Composite juga mengalami penguatan sebesar 0,18 persen. Kenaikan ini mengindikasikan optimisme investor terhadap kondisi ekonomi dan perusahaan di AS.

Penguatan IHSG pada perdagangan kali ini didorong oleh optimisme investor terhadap stabilitas ekonomi domestik dan prospek pertumbuhan perusahaan di Indonesia.

Meskipun bursa saham di beberapa negara Asia dan Eropa bergerak variatif, pasar saham Indonesia mampu menunjukkan performa yang positif. Hal ini tentu memberikan kepercayaan lebih bagi investor lokal maupun asing.

Dengan demikian, IHSG yang ditutup menguat pada level 7.253 menunjukkan bahwa pasar saham Indonesia masih memiliki daya tarik yang kuat di tengah dinamika pasar global yang beragam. Sentimen positif ini diharapkan dapat berlanjut dan memberikan dampak yang baik bagi perekonomian secara keseluruhan.

Share: