:

Gerbangrakyat.com – Audit SEO adalah langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap pemilik situs web untuk memastikan situsnya dapat diakses dan diindeks dengan baik oleh mesin pencari.

Proses ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dapat menghambat peringkat situs Anda serta menemukan peluang untuk meningkatkan pengunjung.

Berikut adalah panduan lengkap untuk melakukan audit SEO yang efektif.

Area yang Dicakup dalam Audit SEO Website

Audit SEO mencakup beberapa area penting yang harus diperiksa secara mendalam, antara lain:

  1. Indeksasi dan Kemampuan Perayapan
  2. Pengalaman Pengguna
  3. Arsitektur Situs
  4. Pembandingan dengan Pesaing
  5. Penelitian Kata Kunci
  6. SEO Pada Halaman
  7. Profil Backlink

Proses ini bisa dianggap sebagai “pemeriksaan kesehatan” menyeluruh untuk situs web Anda.

Rekomendasi 5 Tools yang Digunakan dalam Audit SEO Website

1. Google Search Console

Google Search Console adalah salah satu alat gratis dari Google yang penting dalam proses optimasi situs web. Alat ini menyediakan informasi grafik dan data pengguna secara organik, yang membantu dalam memantau perkembangan situs web, khususnya dalam hal SEO.

Dengan Google Search Console, Anda dapat mengetahui masalah yang ditemukan oleh Google saat melakukan perayapan dan pengindeksan situs Anda, sehingga Anda dapat segera melakukan perbaikan.

2. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat SEO yang sering digunakan untuk membuat laporan audit situs web, analisis backlink, peringkat URL, analisis kompetitif, dan lain-lain.

Ahrefs dilengkapi dengan panduan lengkap tentang cara penggunaan setiap alatnya, sehingga dapat digunakan oleh pemula maupun profesional.

Beberapa fitur Ahrefs dapat digunakan secara gratis, meskipun dengan akses terbatas. Untuk akses yang lebih lengkap, Ahrefs menawarkan percobaan gratis selama beberapa hari.

3. SEMRush

SEMRush adalah salah satu alat gratis yang sangat terkenal dalam menganalisis situs web. Mengapa SEMRush begitu populer?

Alat ini terkenal karena kelengkapannya. Fitur-fitur seperti audit situs web dan pelacakan kata kunci memungkinkan pengguna mengidentifikasi kata kunci yang tepat untuk digunakan.

Antarmuka SEMRush cukup mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan cepat menganalisis masalah pada situs web dan menemukan cara untuk mengoptimalkannya.

4. Neilpatel

Neilpatel adalah alat pengecekan SEO yang sangat terkenal untuk optimasi SEO dan kata kunci. Jika dibandingkan dengan yang lain, Neilpatel memiliki tata letak yang sederhana dan mudah dipahami.

Alat ini dibagi menjadi empat kategori utama, yaitu Health Check (kondisi kesehatan SEO situs web), Critical Errors (masalah penting pada situs web yang harus diatasi), Warnings, dan Recommendations (saran optimasi yang harus dilakukan). Selain itu, alat ini juga menyediakan informasi mengenai kecepatan situs yang sangat mempengaruhi kualitas sebuah situs web.

5. Screaming Frog

Screaming Frog adalah alat audit SEO yang digunakan untuk menganalisis dan mengaudit masalah teknis SEO. Beberapa hasil audit yang dapat diidentifikasi oleh Screaming Frog antara lain link yang rusak, konten duplikat, pembuatan peta situs XML, halaman dengan metadata yang kurang dioptimalkan, dan masih banyak lagi.

Alat ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, dengan fitur tambahan pada versi berbayar yang lebih lengkap dibandingkan versi gratis.

Langkah-Langkah Melakukan Audit SEO Website

  1. Periksa Masalah Indeksasi
    • Pastikan halaman Anda diindeks oleh Google melalui Google Search Console. Cek laporan “Pages” di bagian “Index” untuk melihat status pengindeksan halaman Anda dan identifikasi masalah yang ada.
  2. Periksa Versi Duplikat Situs Anda
    • Pastikan hanya satu versi situs Anda yang diindeks oleh Google. Uji semua versi URL situs Anda dan gunakan redirect 301 jika situs Anda dapat diakses melalui lebih dari satu versi URL.
  3. Jalankan Perayapan Situs
    • Gunakan alat audit seperti Site Audit dari Semrush untuk mensimulasikan cara Google merayapi halaman Anda dan menemukan masalah yang mungkin ada. Perhatikan skor Kesehatan Situs sebagai indikator keseluruhan kesehatan SEO situs Anda.
  4. Periksa Manual Actions
    • Pastikan situs Anda tidak menerima tindakan manual dari Google karena melanggar kebijakan spam. Cek ini di Google Search Console di bagian “Security and Manual Actions”.
  5. Periksa Masalah Kesesuaian dengan Perangkat Mobile
    • Gunakan laporan Mobile Usability di Google Search Console untuk memastikan situs Anda ramah terhadap perangkat mobile.
  6. Analisis Kecepatan Situs Anda
    • Kecepatan memuat halaman adalah faktor peringkat penting. Gunakan laporan “Site Performance” dari dashboard Site Audit Anda untuk memeriksa kecepatan situs.
  7. Analisis Core Web Vitals Anda
    • Core Web Vitals adalah metrik yang mencakup Largest Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Cumulative Layout Shift (CLS). Analisis metrik ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  8. Analisis Tautan Internal Anda
    • Tautan internal membantu mesin pencari merayapi situs Anda dan membantu pengguna menavigasi situs. Pastikan tautan internal Anda berfungsi dengan baik dan diarahkan ke halaman yang relevan.
  9. Periksa Lalu Lintas Organik Anda
    • Lalu lintas organik adalah indikator utama keberhasilan SEO Anda. Gunakan alat analitik untuk memantau pengunjung yang datang dari hasil pencarian tidak berbayar.
  10. Pembandingan dengan Pesaing Anda
    • Bandingkan kinerja SEO Anda dengan pesaing untuk menemukan area yang perlu ditingkatkan dan peluang yang bisa dimanfaatkan.
  11. Temukan Kata Kunci yang Anda Lewatkan
    • Audit SEO adalah kesempatan untuk melihat kata kunci yang ditargetkan oleh pesaing Anda dan menemukan peluang kata kunci yang belum Anda manfaatkan.
  12. Temukan Peluang Backlink yang Terlewat
    • Gunakan alat Backlink Gap untuk menemukan peluang backlink baru yang bisa meningkatkan otoritas situs Anda.
  13. Audit dan Tingkatkan Halaman Teratas Anda
    • Analisis halaman yang paling penting dan cari cara untuk meningkatkannya lebih lanjut melalui audit perayapan situs.
  14. Monitor Peringkat Anda
    • Gunakan alat pelacakan peringkat untuk memantau kinerja situs Anda dalam hasil pencarian organik secara terus-menerus.

Langkah Selanjutnya

Setelah melakukan audit SEO, langkah berikutnya adalah memperbaiki masalah yang ditemukan dan terus memantau kinerja situs Anda. Buat akun Semrush dan lakukan audit SEO pertama Anda untuk mendapatkan pandangan komprehensif tentang kinerja situs Anda dan mulai meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari.

Share: