:

Gerbangrakyat.com – Penggerebekan dramatis terjadi di sebuah rumah di Jalan Cianjur, RT 09, Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuk Linggau Utara II, Sumatera Selatan. seperti yang dikutip dari media berita hariansriwijaya.com, Polisi berhasil meringkus tiga remaja yang diduga baru saja selesai menggelar pesta narkoba jenis sabu pada Sabtu, 8 Juni 2024, sekitar pukul 22.30 WIB.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, melalui Kasat Narkoba Iptu Nopera, mengonfirmasi penangkapan ini. Ketiga tersangka yang ditangkap adalah Ranto (22), Aldi Geovanni Ardian (21), dan Rico Irpani (22). Mereka semua adalah pengangguran dan tinggal berdekatan di Jalan Cianjur, RT 07, Kelurahan Ponorogo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

“Selain menangkap ketiga tersangka, kami juga menyita barang bukti berupa empat plastik klip bening berisi kristal putih yang diduga sabu seberat total 1,16 gram, serta uang tunai sebesar Rp 100.000,” ungkap Iptu Nopera.

Barang bukti tersebut ditemukan di atas pintu kamar mandi di lokasi penangkapan. Berdasarkan hasil interogasi, diketahui bahwa sabu tersebut rencananya akan dijual dan diedarkan di wilayah Kota Lubuklinggau.

“Setelah penangkapan, para tersangka dan barang bukti langsung kami bawa ke Polres Lubuklinggau untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tambah Iptu Nopera.

Kronologi Penangkapan

Penggerebekan ini bermula dari informasi masyarakat yang curiga terhadap aktivitas di rumah tersebut. Pada malam kejadian, tim Satnarkoba Polres Lubuklinggau bergerak cepat setelah mendapat laporan dan langsung melakukan penggerebekan.

Setibanya di lokasi, polisi mendapati ketiga remaja tersebut dalam kondisi mabuk akibat mengkonsumsi sabu. Mereka berusaha melarikan diri namun berhasil ditangkap oleh petugas yang telah mengepung rumah tersebut.

Tindakan Hukum

Iptu Nopera menjelaskan bahwa ketiga tersangka akan dikenai Pasal 114 ayat (1) juncto Pasal 132 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Hukuman ini mengatur tentang penjualan atau peredaran narkotika secara ilegal yang bisa berujung pada pidana penjara yang berat.

“Para tersangka menghadapi ancaman hukuman yang berat sesuai dengan ketentuan undang-undang. Kami berharap ini dapat menjadi peringatan bagi mereka yang masih terlibat dalam peredaran narkotika,” tegas Iptu Nopera.

Permasalahan Narkoba di Kalangan Remaja

Kasus ini menambah panjang daftar kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja di Lubuklinggau. Polres Lubuklinggau terus berupaya memberantas peredaran narkotika di wilayahnya.

“Kami tidak akan berhenti di sini. Peredaran narkotika adalah ancaman serius bagi masyarakat dan masa depan generasi muda. Kami akan terus melakukan operasi dan penggerebekan untuk memastikan wilayah ini bersih dari narkotika,” tandas Iptu Nopera.

Peran Masyarakat

Iptu Nopera juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam membantu memberantas narkoba. “Partisipasi aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan. Jika melihat ada aktivitas yang mencurigakan terkait narkotika, segera laporkan ke pihak berwajib. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk melindungi generasi muda dari bahaya narkoba,” imbaunya.

Refleksi dan Harapan

Seperti yang dilansir dari media berita sumsel terkini, Penangkapan ini menjadi cerminan serius mengenai masalah penyalahgunaan narkoba yang dihadapi oleh generasi muda di Lubuklinggau. Diharapkan, tindakan tegas dari pihak kepolisian, bersama dengan dukungan masyarakat, dapat mencegah kasus serupa di masa depan dan memberikan pelajaran berharga bagi para remaja akan bahaya serta konsekuensi hukum dari keterlibatan dalam dunia narkoba.

Dengan adanya penangkapan ini, pihak berwenang berharap dapat memberikan efek jera bagi pelaku dan mendorong kesadaran lebih luas di masyarakat tentang pentingnya menjauhi narkotika. Ini juga menjadi langkah nyata dalam upaya menjaga keamanan dan kesehatan generasi muda dari bahaya yang mengintai.

Semoga tindakan ini dapat memberikan dampak positif dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan bebas dari narkotika di Kota Lubuklinggau. (*)

Share: