:

Gerbangrakyat.com – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 4,2 mengguncang wilayah Manokwari Selatan, Papua Barat pada Minggu dini hari, 7 Juli 2024. Informasi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun resmi X (sebelumnya Twitter). Berdasarkan laporan tersebut, gempa terjadi pada pukul 01.40 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di 30 km tenggara Manokwari Selatan, tepatnya pada koordinat 1,07 Lintang Selatan (LS) dan 134,23 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 14 km. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa tersebut.

BMKG menegaskan bahwa informasi yang mereka sampaikan mengutamakan kecepatan agar masyarakat dapat segera mengetahui situasi yang terjadi. Namun, BMKG juga memberikan disclaimer bahwa data yang disampaikan bisa berubah seiring dengan pengumpulan data yang lebih lengkap dan stabil. “Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis BMKG dalam pernyataannya.

Gempa ini mengingatkan masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, terutama di wilayah yang sering dilanda gempa seperti Papua Barat. BMKG terus memantau dan mengupdate informasi terkait gempa bumi dan potensi bencana lainnya untuk memastikan keselamatan warga.

Sebagai informasi tambahan, gempa bumi dengan magnitudo 3,3 juga dilaporkan mengguncang wilayah Mentawai, Sumatera Barat baru-baru ini. Aktivitas seismik yang cukup sering terjadi di Indonesia menuntut kewaspadaan yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari pihak berwenang serta terus memantau informasi dari BMKG untuk memastikan keselamatan diri dan keluarga. Kejadian ini juga menjadi pengingat pentingnya edukasi dan persiapan dalam menghadapi potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Sumber : Detik

Share: