:

Gerbangrakyat.com – Pengadilan Negeri (PN) Bandung mengeluarkan putusan penting terkait gugatan praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan dalam kasus yang dikenal sebagai kasus Vina Cirebon. Hakim Eman Sulaeman memutuskan bahwa penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian tidak sah secara hukum.

“Mengadili, mengabulkan praperadilan pemohon untuk seluruhnya. Menetapkan penetapan tersangka kepada pemohon atas nama Pegi Setiawan beserta surat lainnya dinyatakan tidak sah dan batal secara hukum,” ujar Hakim Eman Sulaeman dalam sidang pembacaan putusan di PN Bandung pada Senin (8/7/2024).

Dalam putusan tersebut, hakim tidak hanya meminta Polda Jawa Barat untuk segera membebaskan Pegi Setiawan dari tahanan, tetapi juga mewajibkan pihak kepolisian untuk memulihkan nama baik dan harkat martabatnya.

“Menyatakan tindakan termohon menetapkan pemohon sebagai tersangka adalah tidak sah dan berdasarkan asas hukum. Menetapkan surat penetapan tersangka batal demi hukum,” lanjut Hakim Eman.

Hakim juga menegaskan agar proses penyidikan terhadap Pegi Setiawan segera dihentikan. “Memerintahkan kepada termohon untuk menghentikan penyidikan kepada pemohon. Memerintahkan kepada termohon untuk membebaskan pemohon dari tahanan,” pungkasnya.



Sumber : Detik

Share: