Langkah Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Asing Dinilai Sudah Efektif, Akdemisi Gencar Beri Dukungan

SHARE
Loading...

GERBANG RAKYAT – Langkah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menenggelamkan kapal asing yang mengambil hasil laut di perairan Indonesia dinilai tepat.

Hukum Pidana Universitas Bung Karno Azmi Syahputra menilai kebijakan yang dilakukan Menteri Susi telah sejalan dengan perintah UU.

Langkah tersebut juga memperkuat kewibawaan kedaulatan Indonesia, menjaga kekayaan alam Indonesia, serta wujud nyata bahwa Indonesia sebagai negara hukum.

“Jadi langkah Menteri Susi sudah efektif, sebagaimana diatur dalam UU perikanan dan selayaknya didukung,” ujar Azmi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/1)

Loading...

Lebih lanjut Azmi menilai eksekusi penenggelaman kapal yang dilakukan Menteri Susi merupakan upaya penegakan hukum yang jelas, terarah dan tuntas. Selain itu, langkah tersebut dapat mengangkat kewibawaan undang undang dan budaya hukum Indonesia.

Menurutnya, jika kedepannya ada gagasan untuk tidak menenggelamkan kapal asing yang masuk perairan Indonesia, maka UU juga harus memberikan fasilitas. Salah satunya memberikan putusan pengadilan bahwa kapal asing tersebut disita dan digunakan untuk kepentingan lain. Semisal keperluan pendidikan hingga bahan penelitian.

“Namun sampai saat ini efektif dengan sanksi penenggelaman kapal agar tidak ada ruang celah tawar menawar terhadap penerapan sanksi,” ujar Azmi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan mendesak agar penenggelaman kapal pencuri ikan ilegal segera dihentikan.

Permintaan Menko Luhut tidak dijalankan lantaran Menteri Susi. Ia menegaskan bahwa kebijakannya itu adalah amanat UU. Selama tiga tahun, dari ribuan kapal yang ditangkap, setidaknya sudah 363 kapal sudah ditenggelamkan Menteri Susi.
[rmol]

Loading...