:

Jakarta, 6 Juni 2024Gerbangrakyat.com – Timnas Indonesia mengalami kekalahan dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah ditumbangkan oleh Timnas Irak dengan skor 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pertandingan yang berlangsung sengit ini diwarnai oleh beberapa insiden krusial yang menentukan jalannya laga.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia tampil dominan. Di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong, skuad Garuda mampu menciptakan beberapa peluang emas namun gagal mengkonversinya menjadi gol. Pada menit ke-20, tendangan Rafael Struick dari jarak dekat berhasil diblok oleh pemain belakang Irak. Shayne Pattynama, yang sudah berdiri bebas, tampak kecewa karena tak mendapatkan umpan.

Peluang lain datang pada menit ke-34 ketika umpan tarik dari Rafael diarahkan oleh Sandy Walsh ke pelukan kiper Irak, Jalal Hassan. Meski terus menekan, hingga turun minum skor tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, Irak melakukan dua pergantian pemain yang membawa dampak signifikan. Pada menit ke-53, Indonesia dihukum penalti setelah Justin Hubner melakukan handball di dalam kotak penalti. Aymen Hussein dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut, membuat Irak unggul 1-0.

Situasi semakin sulit bagi Indonesia setelah Jordi Amat mendapat kartu merah langsung pada menit ke-59 akibat pelanggaran keras terhadap Youssef Wali di depan kotak penalti. Pelatih Shin Tae-yong merespons dengan mengganti beberapa pemain kunci seperti Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, dan Ivar Jenner, namun perubahan ini belum mampu membalikkan keadaan.

Pada menit ke-72, Indonesia kembali dihukum penalti setelah Ernando Ari melanggar Ali Jassim di dalam kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, tembakan kedua Aymen Hussein melambung jauh dari sasaran.

Meskipun nyaris menyamakan kedudukan melalui Ragnar Oratmangoen yang memanfaatkan kesalahan lini belakang Irak, Indonesia tetap gagal mencetak gol. Alih-alih menyamakan kedudukan, Indonesia justru kebobolan gol kedua pada menit ke-88 setelah kesalahan fatal dari Ernando Ari. Bola yang direbut oleh Ali Jassim dengan mudah dimasukkan ke gawang Indonesia.

Dengan kekalahan ini, Irak semakin kukuh di puncak klasemen Grup F dengan 15 poin, sementara Indonesia tertahan di posisi kedua dengan raihan tujuh poin. Untuk dapat lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia harus memenangkan pertandingan terakhir melawan Filipina pada 11 Juni 2024 mendatang.

Susunan Pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Shayne Pattynama (Pratama Arhan 65), Nathan Tjoa A On, Jordi Amat, Justin Hubner, Rizky Ridho; Sandy Walsh (Asnawi Mangkualam 65), Thom Haye (Ivar Jenner 65), Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick.

Irak: Jalal Hassan; Hussein Ali, Suad Naji, Rebin Adhamat, Ahmey Al-Hajjaj; Ibrahim Al-Kaabawi, Bashar Bonyan (Youssef Wali 46), Zidan Iqbal (Ali Jassim 46), Amir Fouad, Osamah Rashid; Aymen Hussein (Mohanad Ali 76).

Pertandingan ini memberikan pelajaran berharga bagi Timnas Indonesia untuk terus berbenah dan meningkatkan performa demi meraih tiket ke babak selanjutnya. Dukungan penuh dari masyarakat Indonesia sangat diperlukan untuk memberikan semangat bagi para pemain dalam menghadapi laga krusial melawan Filipina.

Sumber : Detik Sport

Share: