:

Gerbangrakyat.com – Dalam dunia optimasi mesin pencari (SEO), istilah Canonical URL mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, terutama mereka yang baru mengenal SEO. Padahal, pengaturan Canonical URL sangat penting untuk memastikan bahwa website dapat diindeks dengan benar oleh mesin pencari, menghindari masalah duplikasi konten, dan meningkatkan performa SEO secara keseluruhan.

SEO tidak hanya berkutat pada optimasi On-page dan Off-page saja, tetapi juga melibatkan aspek teknis atau yang dikenal sebagai Technical SEO. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai Canonical URL dan perannya dalam optimasi SEO.

Pengertian Canonical URL

Canonical URL adalah sebuah teknik dalam SEO yang digunakan untuk memberi tahu mesin pencari halaman mana yang harus diutamakan untuk diindeks jika terdapat konten yang duplikat pada beberapa URL. Ketika sebuah halaman telah diatur dengan Canonical URL dan di-crawl oleh GoogleBot, proses crawling akan lebih sering terjadi pada halaman tersebut. Ini berarti perubahan konten akan lebih cepat terdeteksi oleh Google.

Tanpa Canonical URL, Google akan menentukan sendiri halaman mana yang dianggap paling relevan, yang bisa saja bukan halaman utama yang diinginkan oleh pemilik website. Hal ini dapat menyebabkan beberapa URL yang tidak tersetting canonical dianggap sama oleh Google, mengakibatkan jarangnya crawling dan berdampak buruk pada SEO.

Fungsi Canonical URL

Canonical URL memiliki beberapa fungsi penting dalam optimasi SEO:

  1. Menghindari Duplikasi Konten: Duplikasi konten bisa membingungkan mesin pencari dalam menentukan halaman mana yang perlu diindeks dan diberi peringkat. Canonical URL membantu menghindari masalah ini dengan menunjukkan halaman utama yang harus diutamakan.
  2. Konsolidasi Backlink: Ketika berbagai variasi URL (seperti versi mobile, desktop, dan AMP) memiliki konten yang sama, kekuatan backlink akan tersebar ke berbagai URL tersebut. Dengan Canonical URL, kekuatan backlink dapat dikonsolidasikan ke satu URL utama, meningkatkan otoritas halaman tersebut.

Pentingnya Technical SEO

Technical SEO berfokus pada aspek teknis dari sebuah website yang mempengaruhi proses crawling dan pengindeksan oleh mesin pencari. Tanpa pengaturan teknis yang tepat, website mungkin tidak akan muncul di halaman hasil pencarian Google. Sebelum membuat konten berkualitas, penting untuk menyelesaikan masalah teknis terlebih dahulu agar konten dapat diindeks dengan mudah oleh Google.

Keuntungan Menggunakan Canonical URL

Canonical URL membantu menghindari masalah duplikasi konten dan memastikan halaman utama diindeks dengan benar. Google tidak menyukai duplikasi konten karena menyulitkan mereka dalam menentukan halaman mana yang harus diberi peringkat. Dengan Canonical URL, Google dapat lebih mudah menentukan halaman utama yang diindeks, meningkatkan peringkat dan traffic website.

Cara Memeriksa Canonical URL

Untuk memastikan sebuah halaman website telah memiliki Canonical URL, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Periksa Halaman Website: Buka halaman website, tekan tombol CTRL + U untuk melihat source code, lalu cari tag canonical dengan cara menekan CTRL + F dan ketik “canonical”. Jika terdapat, tag canonical akan muncul di bagian <head>.
  2. Periksa Pengaturan Canonical: Pastikan Canonical URL mengarah ke halaman yang tepat. Hal ini penting untuk memastikan proses crawling oleh mesin pencari berjalan dengan optimal.
  3. Indeks dan Crawling: Pastikan halaman yang di-canonical dapat diindeks dan di-crawl. Jangan mengarahkan canonical ke URL yang diblokir oleh robot.txt atau diatur sebagai “noindex”.

Cara Membuat Canonical Tag

Canonical tag dapat dibuat dengan dua cara:

  1. Menggunakan rel=”canonical” HTML Tags: Tambahkan script pada tag <head> halaman website, seperti contoh berikut:htmlCopy code<link rel="canonical" href="https://contohwebsite.com/canonical-page/" />
  2. Menggunakan Plugin Yoast SEO: Pada WordPress, plugin Yoast SEO dapat digunakan untuk mengatur canonical secara otomatis atau manual melalui bagian “Advanced” pada halaman artikel atau landing page.

Kesimpulan

Canonical URL merupakan elemen penting dalam optimasi SEO teknis. Dengan pengaturan yang tepat, Canonical URL membantu menghindari duplikasi konten, memastikan halaman utama diindeks dengan benar, dan meningkatkan performa SEO keseluruhan. Bagi mereka yang serius dalam optimasi website, memahami dan mengimplementasikan Canonical URL adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan.

Share: