:

Jawa Timur – Persib Bandung berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan menjadi juara Liga 1 2023-2024 setelah mengalahkan Madura United dengan agregat mencolok 6-1. Laga leg kedua Championship Series Liga 1 yang berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam WIB, menjadi saksi keperkasaan Maung Bandung yang mengukir sejarah baru.

Pertandingan dimulai dengan tempo tinggi di mana Persib langsung menciptakan peluang pada menit kelima. David Da Silva menyambut sepak pojok dengan sundulan keras, namun bola masih mengenai mistar gawang. Madura United, tidak tinggal diam, mereka membalas dengan serangan bertubi-tubi. Pada menit ke-16, tendangan bebas Francisco Rivera mengancam pertahanan Persib, namun berhasil digagalkan oleh barisan belakang tim tamu.

Serangan terus-menerus dari Madura United hampir membuahkan hasil pada menit ke-24. Malik Risaldi mendapat peluang emas, tetapi sayang tendangannya melambung di atas gawang. Pertahanan Maung Bandung terlihat sangat solid, berhasil menepis setiap serangan yang datang.

Pertandingan memasuki babak kedua dengan skor masih imbang 0-0. Namun, perubahan taktik Persib terlihat efektif. Pada menit ke-60, tembakan Ciro Alves ditepis oleh kiper Lucas Henrique, namun bola rebound disambar oleh David Da Silva dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk Persib. Kemenangan ini diperkuat oleh gol Marc Klok pada menit ke-86 setelah menerima assist dari Ciro Alves, menjadikan skor 2-0.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Persib semakin menunjukkan dominasinya. Beckham Putra yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil memanfaatkan umpan Ciro Alves pada menit ke-90+2, mengubah skor menjadi 3-0. Madura United hanya mampu mencetak gol hiburan lewat penalti yang dieksekusi oleh Slamet Nurcahyono pada menit ke-90+6, sehingga skor akhir menjadi 3-1.

Kemenangan ini mengukuhkan Persib Bandung sebagai juara Liga 1 2023-2024 dengan agregat 6-1, setelah pada leg pertama mereka juga menang telak 3-0 di Stadion Si Jalak Harupat. Gol pada leg pertama dicetak oleh Ciro Alves dan dua gol lainnya oleh David Da Silva, yang menjadikan pemain asal Brasil tersebut sebagai pahlawan dalam dua laga final ini.

Pelatih Persib, Robert Alberts, menyatakan kepuasannya atas performa tim. “Kami bermain dengan sangat baik, para pemain menunjukkan mental juara. Madura United adalah tim yang kuat, tapi kami bisa mengatasi tekanan dan bermain dengan strategi yang matang,” ujarnya.

Di sisi lain, pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, mengakui keunggulan Persib. “Kami sudah berusaha keras, tetapi Persib bermain sangat baik. Mereka pantas menjadi juara,” katanya.

Dengan hasil ini, Persib Bandung menambah koleksi trofi mereka dan memperkuat posisi sebagai salah satu klub terkuat di Indonesia. Para pendukung Persib pun merayakan kemenangan ini dengan penuh suka cita, mengapresiasi perjuangan dan kerja keras para pemain sepanjang musim.

Susunan Pemain:

Madura United (4-4-2): Lucas Henrique, Alekvan Djin (Riyatno Abiyoso 65′), Fachruddin Aryanto, Cleberson Martins, Novan Sasongko (Guntur Ariyadi 82′), Koko Ari, Jacob Mahler (Feby Wirawan 89′), Hugo Gomes (Slamet Nurcahyono 65′), Malik Risaldi, Dalberto (Yuda Editya 89′), Francisco Rivera.

Persib Bandung (4-4-2): Ray Mendoza (Teja Paku Alam 89′), Henhen Herdiana (Edo Febriansah 71′), Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanusa, Febri Hariyadi (Beckham Putra 71′), Rachmat Irianto (Ezra Walian 71′), Dedi Kusnandar, Ciro Alves, Stefano Beltrame, David Da Silva.

Share: