:

Wembley, Gerbangrakyat.com – Real Madrid sukses meraih gelar Liga Champions ke-15 mereka setelah mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0 di final yang berlangsung di Wembley. Kemenangan ini semakin meneguhkan dominasi Los Blancos di kompetisi bergengsi Eropa tersebut, dengan enam trofi dalam satu dekade terakhir.

Meskipun Dortmund tampil lebih agresif dan mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama dan awal babak kedua, Real Madrid berhasil keluar sebagai pemenang berkat gol yang dicetak oleh Dani Carvajal dan Vinicius Junior.

Babak Pertama: Dortmund Menekan, Madrid Bertahan

Pada babak pertama, Borussia Dortmund lebih banyak menguasai bola dan menciptakan sejumlah peluang emas. Penyerang andalan mereka, Niclas Fullkrug, nyaris membobol gawang Thibaut Courtois, namun upayanya masih membentur tiang gawang. Aksi individu Karim Adeyemi juga beberapa kali mengancam pertahanan Real Madrid, namun belum mampu mengubah papan skor.

Di sisi lain, Real Madrid lebih banyak menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik. Pertahanan yang solid dari Antonio Rudiger dan kawan-kawan berhasil menjaga gawang mereka tetap aman hingga babak pertama usai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua: Perubahan Strategi Ancelotti

Memasuki babak kedua, Dortmund masih mempertahankan tempo permainan yang tinggi. Namun, keberuntungan tampaknya lebih berpihak kepada Real Madrid. Pada menit ke-74, sebuah sepak pojok yang dieksekusi Toni Kroos berhasil dimanfaatkan oleh Dani Carvajal untuk mencetak gol pertama bagi Madrid lewat sundulannya yang memukau.

Setelah gol tersebut, Real Madrid semakin percaya diri dan meningkatkan intensitas serangan mereka. Kesalahan dari pemain Dortmund, Ian Maatsen, dimanfaatkan dengan baik oleh Jude Bellingham yang memberikan umpan matang kepada Vinicius Junior. Dengan tenang, Vinicius menuntaskan peluang tersebut menjadi gol pada menit ke-83.

Dortmund Hampir Membalas

Dortmund sebenarnya sempat mencetak gol melalui sundulan Niclas Fullkrug pada menit ke-87. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit setelah hakim garis mengangkat bendera tanda offside, keputusan yang kemudian diperkuat oleh VAR.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Gregor Kobel; Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen; Emre Can (Donyell Malen 80′), Marcel Sabitzer; Jadon Sancho (Jamie Bynoe-Gittens 87′), Julian Brandt (Sebastien Haller 80′), Karim Adeyemi (Marco Reus 72′); Niclas Fullkrug.

Pelatih: Edin Terzic.

Real Madrid: Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho, Ferland Mendy; Federico Valverde, Eduardo Camavinga, Toni Kroos (Luka Modric 85′); Jude Bellingham (Joselu 85′); Rodrygo (Eder Militao 90′), Vinicius Junior (Lucas Vazquez 90+4′).

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid tidak hanya menambah koleksi trofi mereka tetapi juga mempertegas status mereka sebagai klub tersukses dalam sejarah Liga Champions. Sementara itu, Borussia Dortmund harus menerima kenyataan pahit kembali menjadi runner-up, mengulang hasil serupa yang mereka alami pada tahun 2013.

Real Madrid kini kembali menjadi sorotan dunia sepak bola, menunjukkan bahwa mereka masih merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan di Eropa.

Share: