:

Gerbangrakyat.com – Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang 0-0 saat menghadapi Timnas Tanzania dalam laga uji coba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Pertandingan yang berlangsung pada Minggu (2/6/2024) sore WIB ini merupakan persiapan skuad Garuda jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, di mana mereka akan bertanding melawan Irak dan Filipina.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoba hampir seluruh pemain yang ada di bangku cadangan. Meskipun hanya merupakan laga persahabatan yang tidak mempengaruhi peringkat FIFA, pertandingan ini menjadi ajang penting untuk menguji kekompakan tim dan strategi yang akan diterapkan di laga resmi mendatang.

Pada babak pertama, Indonesia dan Tanzania bermain cukup imbang. Peluang demi peluang tercipta, namun belum ada yang mampu dikonversi menjadi gol. Indonesia mendapatkan peluang pertama pada menit kelima melalui sundulan Shayne Pattynama yang berhasil ditepis oleh kiper Tanzania, Allu Juma.

Menit ke-20, Asnawi Mangkualam memberikan umpan kepada Thom Haye, namun tendangan Haye masih terlalu lemah untuk menembus gawang lawan. Di penghujung babak pertama, Indonesia mendapatkan tendangan bebas setelah Allu Juma menerima kartu kuning karena pelanggaran di luar kotak penalti. Sayangnya, tendangan bebas yang dieksekusi Thom Haye masih melebar dari sasaran.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong melakukan beberapa pergantian pemain. Muhammad Adi Satryo menggantikan Ernando Ari di posisi penjaga gawang dan menunjukkan performa cemerlang dengan melakukan penyelamatan penting dalam situasi satu lawan satu dengan Waziri Salim.

Pergantian pemain terus berlanjut dengan masuknya Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, dan Thom Haye yang digantikan oleh Nathan Tjoe-A-on, Egy Maulana Vikri, dan Dimas Drajad pada menit ke-67. Peluang terbaik Indonesia terjadi pada menit ke-70 ketika umpan silang Marselino Ferdinan disambar oleh Egy Maulana Vikri, namun bola masih mengenai tiang gawang.

Pada menit ke-78, Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian dengan memasukkan Justin Hubner, Yakob Sayuri, dan Malik Risaldi menggantikan Marselino Ferdinan, Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Indonesia hampir mencetak gol pada menit ke-84 ketika tembakan Justin Hubner berbelok akibat mengenai bek Tanzania, Lemeck Lawi, namun bola belum berhasil masuk ke gawang.

Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol yang tercipta. Pertandingan berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari (Adi Satryo 46), Rizky Ridho, Sandy Walsh (Yakob Sayuri 78), Jordi Amat (Justin Hubner 78), Shayne Pattynama (Pratama Arhan 46), Asnawi Mangkualam (Muhammad Ferarri 46), Thom Haye (Nathan Tjoe 67), Marselino Ferdinan (Malik Risaldi 78), Ivar Jenner (Ricky Kambuaya 46), Ragnar Oratmangoen (Egy Maulana 67), Rafael Struick (Dimas Drajad 67).

Tanzania: Allu Juma, Lameck Lawi, Miano Danilo, Mohamed Hussein, Edwin Balua, Hinid Mkami, Morice Abraham, Mukrim, Abdallah, Yusuph Kagoma, Kokola M’Mombwa, Waziri Salim.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menunjukkan ketangguhannya dengan tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir, sebelumnya memenangkan dua laga melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga melawan Tanzania ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga untuk menghadapi Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni mendatang.

Sumber Detik Sport

Share: