:

Basra, 12 Juni 2024 – Timnas Irak menutup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan kemenangan gemilang, mengalahkan Vietnam dengan skor 3-1. Pertandingan yang digelar di Basra International Stadium ini menyaksikan dominasi Irak meski hasilnya tidak lagi mempengaruhi kelolosan kedua tim.

Dalam laga yang berlangsung intens, Irak tampil maksimal sejak menit awal. Gol cepat dari Hussein Ali di menit ke-12 memberikan keuntungan psikologis bagi tim tuan rumah. Pertandingan semakin menarik ketika Irak menggandakan keunggulan melalui gol Ali Jasim di menit ke-71. Vietnam, meskipun sudah dipastikan tidak lolos ke putaran ketiga, menunjukkan semangat juang dengan memperkecil ketinggalan lewat Pham Tuan Hai pada menit ke-84. Namun, Irak memastikan kemenangan melalui gol Aymen Hussein di masa injury time (90+2′).

Dengan kemenangan ini, Irak menutup putaran kedua dengan catatan sempurna, meraih 18 poin dari enam pertandingan. Indonesia yang berhasil mengalahkan Filipina di pertandingan sebelumnya, memastikan posisi sebagai runner-up grup dan lolos ke putaran ketiga bersama Irak. Vietnam harus puas berada di peringkat ketiga dengan 6 poin.

Pelatih Irak, Jesus Casas, mengapresiasi semangat juang timnya. “Kami bermain dengan determinasi tinggi dan menjaga fokus hingga akhir. Kemenangan ini adalah bukti kerja keras tim,” ujarnya.

Di pihak lain, pelatih Vietnam, Kim Sang-Sik, mengakui keunggulan lawan namun tetap memuji usaha para pemainnya. “Meskipun kami tidak lolos, para pemain telah menunjukkan perjuangan yang luar biasa. Ini adalah pengalaman berharga untuk masa depan,” katanya.

Susunan Pemain:

Irak (4-3-3):
Hasan; Al-Hajjaj, Sulaka, Tahseen, Ali; Al-Ammari, Rashid, Amyn; Jasim, El Ani, Ali
Subs-in: Younis, Hashem, Bayesh, Iqbal, Hussein
Pelatih: Jesus Casas

Vietnam (5-4-1):
Filip; Phan, Thanh Binh, Bui Hoang, Do, Vu, Khuat, Duc Chien, Hoang Duc, Quang Hai; Tien Linh
Subs-in: Xuan Manh, Hung Dung, Tuan Hi, Tuan Anh, Than Binh
Pelatih: Kim Sang-Sik

Pertandingan ini memperlihatkan kekuatan Irak yang konsisten di sepanjang kualifikasi, serta memberikan gambaran jelas akan persaingan sengit di putaran ketiga nanti. Keberhasilan Indonesia lolos juga memberikan semangat baru bagi sepak bola Asia Tenggara. Sebagai juara grup dengan performa sempurna, Irak kini bersiap untuk menghadapi tantangan berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Share: