:

Gerbangrakyat.com – – Tim Nasional Indonesia sukses menutup matchday pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan kemenangan impresif 2-0 atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Hasil ini tidak hanya memastikan tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, tetapi juga mengamankan posisi di putaran final Piala Asia 2027.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Selasa malam, gol-gol kemenangan skuad Garuda dicetak oleh Thom Haye melalui tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-32, serta sundulan Rizky Ridho yang memanfaatkan assist dari Nathan Tjoe-A-On pada menit ke-56. Kemenangan ini memperkuat posisi Indonesia di urutan kedua Grup F dengan total 10 poin, hanya tertinggal dari Irak yang memuncaki grup dengan 15 poin.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia tidak hanya mengamankan posisi mereka di babak selanjutnya, tetapi juga mengalami peningkatan signifikan dalam peringkat FIFA. Menurut laman football-ranking.com, tambahan 11,72 poin dari kemenangan melawan Filipina membuat posisi Indonesia di ranking FIFA naik secara signifikan. Meskipun posisi pastinya belum diumumkan, lonjakan ini merupakan kabar baik bagi sepak bola nasional yang terus menunjukkan perkembangan positif.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyampaikan rasa puasnya terhadap performa tim. “Kemenangan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi seluruh pemain. Kami telah menunjukkan bahwa kami bisa bersaing di level tertinggi,” ujarnya.

Sementara itu, para pemain juga mengungkapkan kebahagiaan mereka atas hasil yang diraih. Thom Haye, pencetak gol pertama, mengatakan, “Saya sangat senang bisa memberikan kontribusi nyata untuk tim. Gol ini adalah hasil dari latihan intensif dan kerjasama yang solid di lapangan.”

Rizky Ridho, yang mencetak gol kedua melalui sundulan, menambahkan, “Assist dari Nathan sangat sempurna. Kami bermain sebagai tim dan itu yang membuat kami kuat. Kami siap untuk tantangan berikutnya di babak ketiga.”

Di sisi lain, Irak masih memiliki satu pertandingan tersisa melawan Vietnam, yang akan menentukan jumlah poin akhir mereka. Vietnam sendiri berada di posisi ketiga dengan enam poin, sedangkan Filipina harus puas di posisi juru kunci dengan satu poin.

Dengan semangat juang yang tinggi dan performa yang semakin solid, Timnas Indonesia kini bersiap untuk menghadapi tantangan yang lebih besar di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dukungan penuh dari para suporter diharapkan terus mengalir, mengingat perjuangan panjang yang masih harus dilalui menuju piala dunia.

Kemenangan ini tidak hanya memberikan kebanggaan bagi Timnas Indonesia, tetapi juga menjadi momen penting dalam sejarah sepak bola nasional. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi para pemain untuk terus berprestasi dan membawa nama Indonesia semakin harum di kancah internasional.

Share: