:

Gerbangrakyat.com – Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno pada Selasa malam WIB ini menampilkan dominasi permainan dari skuad Garuda.

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia membutuhkan kemenangan untuk memastikan kelolosan ke babak ketiga tanpa bergantung pada hasil pertandingan lain. Gol pertama dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32, disusul gol dari Rizky Ridho pada menit ke-56.

Sejak awal laga, Indonesia langsung menekan pertahanan Filipina dengan menerapkan pressing tinggi. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan beberapa kali mengancam gawang Filipina namun belum menghasilkan gol. Thom Haye menjadi bintang pada menit ke-32 dengan gol spektakuler dari luar kotak penalti, memanfaatkan umpan dari lini tengah.

Gol kedua lahir dari situasi bola mati pada menit ke-56. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On berhasil disambut oleh Rizky Ridho dengan sundulan tajam yang memperdaya kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza..

Meski unggul dua gol, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Pada menit ke-71, Jay Idzes hampir menambah keunggulan Indonesia, namun sundulannya hanya mengenai tiang gawang. Timnas Indonesia terus mengontrol jalannya pertandingan hingga peluit panjang dibunyikan wasit, memastikan kemenangan 2-0.

Dengan tambahan tiga poin, Indonesia kini mengoleksi 10 poin di klasemen dan tidak terkejar lagi oleh Vietnam yang baru mengumpulkan enam poin. Indonesia otomatis lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa harus menunggu hasil laga antara Irak dan Vietnam.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam (Sandy Walsh 83′), Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67′); Nathan Tjoe-A-On (Ivar Jenner 63′), Thom Haye, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen (Dimas Drajad 83′); Rafael Struick (Yakob Sayuri 63′).

Filipina: Kevin Ray; Jesper Nyholm, Adrian Ugelvik, Santiago Colminas, Scott Woods; Kevin Ingreso, Michael Baldisimo, Alex Monis, Zico Bailey, Dylan Demuynck; Patrick Reichelt.

Kemenangan ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan Indonesia menuju Piala Dunia 2026. Seluruh rakyat Indonesia berharap agar timnas dapat terus menunjukkan performa terbaiknya di babak ketiga dan melanjutkan mimpi menuju putaran final Piala Dunia.

Share: