:

Gerbangrakyat.com – Timnas Indonesia menghadapi tantangan krusial dalam laga melawan Filipina pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan dalam pertandingan ini tidak hanya memastikan langkah mereka ke babak ketiga kualifikasi, tetapi juga memastikan tiket menuju putaran final Piala Asia 2027.

Dengan mengoleksi 10 poin, Timnas Garuda dipastikan tidak akan tergeser dari posisi dua besar Grup F, meskipun Vietnam mampu mengalahkan Irak di Basra. Hal ini membuat kemenangan menjadi tujuan utama skuad asuhan Shin Tae-yong.

“Timnas Indonesia wajib menang atas Filipina demi menjaga mimpi tampil di Piala Dunia 2026,” ujar pelatih Shin Tae-yong dikutip dari Okezone . Menurutnya, kemenangan ini juga akan mengangkat posisi Indonesia di ranking FIFA. Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 136 dunia, dan kemenangan atas Filipina diperkirakan akan menambah 11,72 poin, yang bisa menaikkan posisi Indonesia ke peringkat 133.

Selain prestasi di Kualifikasi Piala Dunia 2026, kemenangan ini juga penting untuk memastikan Indonesia tampil di Piala Asia 2027. Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia juga berfungsi sebagai ajang kualifikasi untuk Piala Asia 2027. Oleh karena itu, penting bagi Timnas Indonesia untuk memanfaatkan momentum ini dengan baik.

Namun, kegagalan meraih kemenangan atas Filipina bisa menempatkan Indonesia dalam posisi yang sulit. Jika Timnas Indonesia kalah atau imbang, mereka harus berharap Vietnam kalah dari Irak untuk tetap lolos ke babak ketiga. Jika skenario ini tidak terjadi, maka Vietnam yang akan melaju ke babak selanjutnya.

Sejumlah media internasional turut menyoroti persaingan ketat ini. Media Vietnam mengakui bahwa Indonesia memiliki lebih banyak keuntungan dibanding Vietnam untuk lolos ke babak ketiga. “Indonesia berada di posisi yang lebih menguntungkan dibandingkan kami,” tulis salah satu media Vietnam, menunjukkan rasa pasrah mereka terhadap keunggulan yang dimiliki Timnas Indonesia.

Media Amerika Serikat juga mencatat bahwa skuad Garuda menghadapi tugas yang lebih mudah di kandang sendiri. “Timnas Indonesia diuntungkan karena bermain di kandang, sebuah keuntungan besar dalam kualifikasi ini,” tulis mereka.

Dengan segala keuntungan dan potensi yang ada, Timnas Indonesia diharapkan dapat menuntaskan misi ini dengan baik. Kemenangan atas Filipina tidak hanya akan membawa Timnas Garuda lebih dekat ke Piala Dunia 2026, tetapi juga mengukuhkan posisi mereka di kancah sepak bola Asia.

“Semangat dan determinasi menjadi kunci utama. Kami siap memberikan yang terbaik untuk negara,” tutup Shin Tae-yong, penuh optimisme

Share: