:

Gerbangrakyat.com – Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur utama yang banyak digunakan di berbagai masakan. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tanaman ini, baik untuk konsumsi pribadi maupun sebagai peluang bisnis. Berikut adalah panduan lengkap cara menanam bawang merah di rumah yang mudah diikuti.

Pengolahan Media Tanam

Langkah pertama dalam menanam bawang merah adalah mempersiapkan media tanam yang tepat. Anda dapat menggunakan pot yang diisi dengan campuran tanah gembur dan kompos. Media tanam yang baik akan memastikan pertumbuhan bawang merah yang optimal.

Proses Penanaman Bawang Merah

Berikut langkah-langkah penanaman bawang merah di rumah:

  1. Persiapan Bahan Baku:
    • Pilih bawang merah yang sudah tua, dengan warna ungu tua tanpa bercak hitam.
    • Siapkan tanah kompos dan wadah seperti pot, polybag, atau gelas air mineral.
  2. Pemotongan Bawang Merah:
    • Potong bawang merah dan biarkan hingga tumbuh tunas di ujungnya. Anda juga bisa langsung menggunakan bawang merah tua tanpa daun dengan memotong bagian ujungnya.
  3. Penanaman:
    • Tanam bawang merah di pot dengan kedalaman sekitar 2,5 cm hingga 5 cm. Pastikan bagian bawah bawang tertutup tanah, sementara bagian atas tidak terlalu jauh dari permukaan tanah.
  4. Penyiraman:
    • Sirami tanaman setiap pagi dan sore. Gunakan semprotan air untuk menghindari pemberian air yang berlebihan.

Bawang merah biasanya dapat dipanen setelah 60 hingga 90 hari, atau ketika daun sudah mulai layu dan sedikit kering.

Menempatkan Pot di Area Terbuka

Pastikan pot bawang merah diletakkan di area yang terbuka dan terkena sinar matahari penuh. Cahaya matahari sangat penting untuk pertumbuhan optimal tanaman bawang merah.

Pemupukan dan Pengendalian Hama

Pemupukan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pemupukan tabur melalui tanah dan penyemprotan. Pemberian pupuk dasar dilakukan pada saat pengolahan media tanam, sekitar 1-3 hari sebelum penanaman. Tambahan pemupukan dengan penyemprotan NeoKristalon Hijau (2 gr/L) dapat dilakukan pada umur 20-25 hari.

Pengendalian hama dilakukan dengan pendekatan Pengendalian Hama Terpadu (HPT). Hama ulat bawang sering menyerang daun tanaman. Tandai daun yang terkena hama dengan mengumpulkan telur ulat di salah satu daun, kemudian petik dan musnahkan daun yang terinfeksi.

Kesimpulan

Menanam bawang merah di rumah ternyata cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati hasil panen bawang merah yang segar dan berkualitas tinggi. Selain untuk konsumsi pribadi, budidaya bawang merah juga memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share: