:

Gerbangrakyat.com – Timnas Portugal berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1 dalam lanjutan matchday pertama Grup F Euro 2024 yang berlangsung di Stadion Leipzig pada Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini diraih secara dramatis melalui gol penentu pada masa injury time.

Portugal mengawali pertandingan dengan agresif, menguasai bola hingga 74 persen sepanjang laga. Namun, pertahanan kokoh Ceko membuat Portugal kesulitan menciptakan peluang berbahaya di babak pertama. Tendangan on target pertama Portugal baru tercipta pada menit ke-33 melalui aksi Cristiano Ronaldo, yang mampu ditepis oleh kiper Ceko, Jindrich Stanek. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, Portugal terus menekan, tetapi malah kebobolan lebih dulu melalui tendangan jarak jauh Lukas Provod pada menit ke-62. Gol ini memicu respons cepat dari Portugal yang berhasil menyamakan kedudukan enam menit kemudian berkat gol bunuh diri Robin Hranac yang tidak sengaja menyambar bola buangan dari kiper Ceko, Stanek.

Pada menit ke-87, Portugal sempat mencetak gol melalui Diogo Jota, tetapi wasit menganulirnya karena offside. Portugal terus menekan hingga akhirnya pemain pengganti Francisco Conceicao menjadi pahlawan dengan golnya pada masa injury time (90+2′), memastikan kemenangan Portugal 2-1. Meskipun merayakan gol dengan melepas baju hingga menerima kartu kuning, Conceicao tetap menjadi penentu kemenangan penting bagi timnya.

Dengan kemenangan ini, Portugal berada di posisi kedua Grup F dengan tiga poin, di bawah Turki yang unggul selisih gol. Portugal hanya membutuhkan satu kemenangan lagi dalam pertandingan melawan Turki pada Sabtu (22/6/2024) pukul 23.00 WIB untuk memastikan lolos ke babak 16 besar.

Selain kemenangan dramatis ini, pertandingan melawan Republik Ceko juga mencatat sejarah baru bagi Cristiano Ronaldo. Pemain berjuluk CR7 tersebut menjadi satu-satunya pemain yang tampil dalam enam edisi Euro, mulai dari 2004 hingga 2024. Prestasi ini menegaskan konsistensi dan ketangguhan Ronaldo di level internasional.

Susunan pemain yang diturunkan Roberto Martinez pada laga ini menampilkan kombinasi pengalaman dan talenta muda, dengan Cristiano Ronaldo sebagai ujung tombak didukung oleh Rafael Leao dan Bernardo Silva. Sementara itu, Republik Ceko yang mengandalkan serangan balik hampir berhasil mencuri poin dari Portugal melalui strategi pertahanan solid dan serangan balik cepat.

Statistik pertandingan menunjukkan dominasi Portugal dengan delapan tendangan tepat sasaran berbanding satu dari Ceko, serta 13 tendangan sudut tanpa balasan dari Ceko. Namun, Portugal perlu meningkatkan efektivitas penyelesaian akhir agar tidak mengulangi kesulitan mencetak gol di laga-laga berikutnya.

Portugal kini menatap laga penting melawan Turki dengan optimisme tinggi, sementara Republik Ceko harus segera bangkit jika ingin menjaga asa lolos dari fase grup.

Susunan Pemain: Portugal (3-4-2): D. Costa; Pepe, N. Mendes, R. Dias; Vitinha, B. Fernandes, J. Cancelo, D. Dalot; B. Silva, C. Ronaldo, R. Leao.

Ceko (3-1-4-2): J. Stanek; R. Hranac, T. Holes, L. Krejci; T. Coucek; V. Coufal, D. Doudera, L. Provod, P. Sulic; P. Schick, J. Kuchta.

Sumber : Tribunews

Share: