:

Gerbangrakyat.com – Timnas Argentina membuka perjalanan mereka di Copa America 2024 dengan kemenangan gemilang atas Kanada. Pada pertandingan yang berlangsung di Mercedes-Benz Arena, Argentina menunjukkan dominasinya dengan mengalahkan Kanada dua gol tanpa balas, Jumat (21/6/2024) pagi WIB.

Argentina, juara bertahan Copa America, tampil dengan permainan agresif dan mendominasi penguasaan bola hingga 64 persen. Mereka juga mencatatkan 18 kali percobaan mencetak gol sepanjang pertandingan. Meski demikian, seluruh gol baru tercipta di babak kedua melalui aksi Julian Alvarez dan Lautaro Martinez.

Dominasi Argentina Sejak Menit Awal

Sejak peluit awal dibunyikan, Argentina langsung tampil menekan. Leandro Paredes mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti pada menit kelima, namun bola masih melayang di atas mistar gawang. Peluang berikutnya datang dari Angel Di Maria yang melakukan tendangan keras, namun berhasil ditepis oleh kiper Kanada, Maxime Crepeau.

Kanada tidak tinggal diam dan mencoba membalas lewat serangan balik cepat yang mengandalkan kecepatan Alphonso Davies dan ketajaman Jonathan David. Peluang terbaik Kanada di babak pertama hadir pada menit ke-43 ketika Cyle Larin mengirimkan umpan silang yang disambut sundulan Stephen Eustaquio. Sundulannya mampu ditepis oleh Emiliano Martinez, dan bola muntah yang disambar Davies juga masih melebar dari gawang.

Gol Argentina di Babak Kedua

Empat menit setelah babak kedua dimulai, Argentina akhirnya memecah kebuntuan. Lionel Messi, yang tampil sebagai motor serangan, melepaskan bola terobosan kepada Alexis Mac Allister. Crepeau berhasil memotong bola tersebut, namun Julian Alvarez dengan sigap mencocor bola ke gawang kosong, membawa Argentina unggul 1-0.

Argentina terus menekan, dan peluang emas kembali hadir semenit setelah gol pertama. Namun, tembakan Alvarez berhasil dibendung oleh Crepeau. Serangan demi serangan dilancarkan Argentina, dan pada menit ke-66, Lionel Messi mendapatkan peluang emas setelah menerima bola di dalam kotak penalti. Namun, tendangannya lagi-lagi ditepis oleh Crepeau.

Messi yang terus menjadi ancaman bagi pertahanan Kanada, hampir mencetak gol pada menit ke-82. Setelah menerima bola terobosan, Messi berhadapan satu lawan satu dengan Crepeau, namun sepakannya kali ini juga belum menemui sasaran.

Penutup dari Lautaro Martinez

Pada menit ke-90, Argentina memastikan kemenangan mereka. Lautaro Martinez, yang masuk sebagai pemain pengganti, berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Messi dan mencetak gol dari jarak dekat. Bola melewati sela kaki Crepeau, memperbesar keunggulan Argentina menjadi 2-0.

Dengan kemenangan ini, Argentina memuncaki klasemen Grup A dengan raihan tiga poin. Sementara itu, Kanada berada di posisi terbawah. Pertandingan lainnya di Grup A mempertemukan Peru dan Chile, yang hasilnya akan menentukan persaingan di grup ini.

Kemenangan ini menunjukkan kesiapan Argentina untuk mempertahankan gelar mereka di Copa America 2024, dengan performa cemerlang dari para pemain bintang mereka, khususnya Lionel Messi yang terus menjadi pusat kreativitas tim.

Sumber : DetikSport

Share: