:

Gerbangrakyat.com – Telkomsat, anak usaha Telkom Indonesia, semakin mempererat hubungan kerja samanya dengan Starlink, perusahaan satelit milik Elon Musk. Pada Rabu (15/5/2024), Telkomsat dan Starlink menandatangani kesepakatan untuk memperkuat layanan segmen enterprise di berbagai wilayah Indonesia. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsat, Lukman Abd. Rauf, bersama VP Starlink Commercial Sales.

Dalam kemitraan strategis ini, Telkomsat akan menggelar layanan bisnis berbasis Starlink yang kompetitif dan setara dengan paket bisnis yang ditawarkan melalui situs web Starlink. “Momentum kerja sama ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsat sebagai mitra strategis pertama dan utama Starlink di Indonesia,” ujar Lukman dikutip dari detik.com Sabtu (18/5/2024).

Kerja sama antara Telkomsat dan Starlink telah berlangsung sejak 2021, dengan layanan backhaul satelit Starlink mulai digelar pada 2022. Layanan ini memanfaatkan hak labuh yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), memungkinkan Telkomsat untuk memberikan layanan konektivitas satelit berkualitas tinggi sambil tetap menjamin kedaulatan dan keamanan data nasional.

Hasil dari kolaborasi ini menciptakan produk unggulan seperti VSAT Star dan MangoStar, yang memanfaatkan satelit orbit rendah (Low Earth Orbit/LEO) dari Starlink. VSAT Star dirancang khusus untuk menghubungkan jaringan akses dengan jaringan utama dengan kecepatan data hingga 500 Mbps per titik. Sementara itu, MangoStar menawarkan latency yang sangat rendah, ditujukan untuk segmen usaha kecil menengah (Small Medium Enterprise), enterprise, dan pemerintah.

SVP Corporate dan Communication Telkom, Ahmad Reza, menyatakan bahwa kerja sama ini menunjukkan komitmen Telkom dan Telkomsat untuk mengatasi masalah ketersediaan koneksi di pelosok tanah air. “Bersama Starlink, Telkomsat menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah dalam percepatan pemerataan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia, khususnya untuk wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar),” ungkap Reza.

Di samping layanan Starlink, Telkomsat juga baru saja meluncurkan satelit Merah Putih 2 pada awal tahun ini di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Peluncuran satelit ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan menghadirkan internet di wilayah yang belum mendapatkan konektivitas terestrial dan seluler (unserved) serta wilayah yang telah mendapatkan konektivitas terestrial dan seluler namun belum memadai (underserved).

Share: