:

Gerbangrakyat.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut kedatangan pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, di Bali pada Minggu (19/5/2024). Kedatangan Musk selain untuk memenuhi undangan World Water Forum ke-10, juga bertujuan untuk meresmikan layanan internet Starlink di salah satu Puskesmas di Bali, yang juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Luhut menyampaikan kebahagiaannya dapat menyambut Elon Musk di bandara.

“Setelah 2022 lalu absen di gelaran KTT G20, hari ini CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc Elon Musk tiba di Bali untuk memenuhi undangan kami pada perhelatan World Water Forum ke-10. Saya berkesempatan menjemput Elon di bandara pagi ini kemudian membicarakan agenda salah satunya peresmian internet Starlink bersama Presiden @jokowi,” tulis Luhut.

Kehadiran Starlink di Indonesia diharapkan dapat mendukung digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan. Luhut berharap dengan adanya layanan internet cepat dari Starlink, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dapat menikmati akses informasi dan jaringan internet yang sama cepatnya dengan di kota-kota besar.

Luhut menilai kehadiran Starlink merupakan langkah positif bagi perkembangan telekomunikasi di Tanah Air.

“Dengan hadirnya Starlink di Indonesia, kami berharap digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat,” ungkap Luhut dikutip dari Kompas.

Dia juga menekankan bahwa kehadiran layanan internet satelit tersebut tidak akan mengganggu ekosistem ISP yang sudah beroperasi di Indonesia, seperti IndiHome dan Biznet.

Starlink, yang telah memenuhi uji laik operasi (ULO) dan mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) ISP, kini resmi memiliki izin sebagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Dengan izin ini, perusahaan milik Elon Musk tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas layanan internet di berbagai daerah di Indonesia.

Selain menghadiri World Water Forum ke-10, peresmian layanan internet Starlink juga menjadi agenda penting dalam kunjungan Elon Musk kali ini. Peresmian layanan internet ini akan dilakukan di salah satu Puskesmas di Bali, yang nantinya juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Kehadiran Starlink di Indonesia diharapkan dapat menjadi solusi bagi daerah-daerah yang hingga kini belum terjangkau oleh layanan internet.

Share: