:

Gerbangrakyat.com – Pasar kripto menunjukkan pergerakan variatif hari ini. Beberapa mata uang kripto utama, termasuk Bitcoin dan Ethereum, mengalami penguatan seiring sentimen positif yang melingkupi pasar sejak awal tahun ini. Berdasarkan data CoinMarketCap pada Minggu (19/5/2024) pukul 06:33 WIB, Bitcoin mencatat kenaikan sebesar 0,16% ke US$66.986,18, dengan performa mingguan yang mencapai 9,97%.

Dilansir dari CNBC Indonesia Ethereum turut berada dalam zona hijau dengan peningkatan harian sebesar 0,92% dan kenaikan mingguan sebesar 7,15%. Namun, tidak semua aset kripto mengalami penguatan. BNB, misalnya, mengalami depresiasi harian sebesar 0,23% dan penurunan mingguan sebesar 2,2%. Sementara itu, Solana menonjol dengan kenaikan harian sebesar 1,66% dan peningkatan signifikan sebesar 18,14% dalam tujuh hari terakhir.

Menurut CoinDesk Market Index (CMI), yang mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari aset digital, tercatat kenaikan sebesar 0,27% ke angka 2.622,83. Open interest juga meningkat sebesar 1,32%, mencapai US$61,81 miliar.

Indeks fear & greed yang dilansir dari CoinMarketCap menunjukkan angka 62, mengindikasikan bahwa pasar berada dalam fase netral meskipun kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini cukup stabil.

Laporan terbaru dari firma analisis on-chain terkemuka, Santiment, mencatat bahwa minat komunitas kripto saat ini beralih ke Bitcoin setelah harga aset tersebut sempat melampaui US$67.000. Pernyataan Santiment ini didasarkan pada metrik Sentimen Tertimbang, yang mengukur sentimen positif atau negatif dalam suatu mata uang kripto.

“Sentimen komunitas terhadap Bitcoin sangat positif saat ini, terutama setelah harga mencapai level tertinggi sejak Januari. Ini menunjukkan bahwa ada kepercayaan yang tinggi dari para investor,” ujar seorang analis dari Santiment.

Indikator Sentimen Tertimbang ini muncul dari dua sub-metrik: nilai sentimen dan volume sosial. Metrik nilai sentimen mengevaluasi pandangan komunitas, apakah negatif atau positif, sementara volume sosial mengukur total penyebutan aset di media sosial.

“Ketika volume sosial tinggi dan rata-rata sentimen yang signifikan diamati, perubahan penting dalam metrik juga terlihat,” tambah analis tersebut.

Menurut analisis Santiment, sentimen tertimbang Bitcoin mencapai nilai tertinggi sejak awal tahun ini, terutama setelah persetujuan ETF spot BTC di Amerika Serikat oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Share: