:

Gerbangrakyat.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan siap mengusung calon gubernur perempuan untuk menantang petahana Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024. Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, Syaiful Huda, mengungkapkan bahwa calon tersebut akan diumumkan pekan ini.

“Ada nama, sama-sama perempuan yang nanti kira-kira bisa berkompetisi sesama perempuan dengan, Mbak Khofifah,” kata Huda dikutip dari Liputan6.com (19/5/2024).

Menurut Huda, PKB memiliki kekuatan politik yang cukup untuk membentuk poros di luar petahana tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. “Karena PKB termasuk yang mendapat golden tiket di Jawa Timur, tanpa koalisi dengan partai lain PKB bisa mendorong poros di luar, Mbak Khofifah,” jelasnya.

Meski demikian, Huda menegaskan bahwa PKB tetap membuka jalur komunikasi dengan partai-partai lain. “Tetapi PKB tetap bangun komunikasi dengan partai lain,” ungkap Huda.

Sementara itu, beberapa nama calon gubernur sudah mulai beredar di kalangan masyarakat, termasuk mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar. “Beberapa nama sudah beredar di sana, khusus Jawa Timur saya kira saya bisa menyebut nama Kiai Marzuki Mustamar,” tambah Huda.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, juga sedang mempertimbangkan dukungan untuk Khofifah Indar Parawansa. Dalam pertemuan yang dijadwalkan berlangsung pada malam ini, Jumat (17/5/2024), Airlangga akan membahas dukungan Golkar untuk Khofifah maju sebagai calon gubernur Jawa Timur.

“Bu Khofifah nanti malam,” kata Airlangga di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (17/5/2024). Ia juga memberikan isyarat positif terkait kemungkinan mendukung pasangan Khofifah-Emil Dardak dalam Pilkada Jatim mendatang. “Semuanya positif,” ujarnya.

Share: