:

Gerbangrakyat.com – Finlandia, negara yang dikenal sebagai tempat paling bahagia di dunia, memiliki rahasia kebahagiaan tersendiri. Negara di Eropa Utara ini konsisten menempati peringkat pertama dalam World Happiness Report selama enam tahun berturut-turut.

Apa yang membuat warga Finlandia begitu bahagia? dikjuti dari CNBC Indonesia Filsuf dan ahli psikologi Finlandia, Frank Martela, mengungkap tiga kebiasaan yang tidak pernah dilakukan oleh orang Finlandia yang dianggap menjadi resep kebahagiaan mereka.

1. Tidak Mengambil Hak Orang Lain: Menjujung Tinggi Kejujuran dan Kepercayaan

Menurut Martela, masyarakat Finlandia sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran dan kepercayaan. Hal ini terbukti dari sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Reader’s Digest pada tahun 2022, di mana peneliti menjatuhkan 192 dompet di 16 kota di seluruh dunia.

Di Helsinki, Finlandia, 11 dari 12 dompet yang dijatuhkan dikembalikan ke pemiliknya. Fenomena ini menunjukkan bahwa orang Finlandia cenderung saling percaya dan menghargai kejujuran. Kepercayaan yang tinggi ini tidak hanya membuat lingkungan menjadi aman, tetapi juga menciptakan ikatan sosial yang kuat antarwarga.

2. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain: Fokus pada Kebahagiaan Pribadi

Prinsip hidup “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön” yang berarti “Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda,” menjadi pedoman penting bagi masyarakat Finlandia. Mereka tidak pernah memamerkan kekayaan atau kesuksesan mereka kepada orang lain.

Sebaliknya, mereka fokus pada apa yang membuat diri mereka bahagia. Martela menyatakan bahwa kebahagiaan sejati dicapai dengan menetapkan standar kebahagiaan sendiri, tanpa membandingkan diri dengan orang lain. Sikap ini membuat orang Finlandia mampu menikmati hidup dengan lebih tenang dan puas.

3. Tidak Mengabaikan Alam: Menyatu dengan Alam untuk mendapatkan ketenangan

Hubungan erat antara masyarakat Finlandia dan alam merupakan salah satu faktor penting dalam kebahagiaan mereka. Berdasarkan survei Sitra pada 2021, 87 persen masyarakat Finlandia menganggap bahwa alam memiliki peran penting dalam kehidupan mereka, memberikan ketenangan pikiran, energi, dan relaksasi.

Setiap karyawan di Finlandia berhak mendapatkan liburan musim panas selama empat minggu, yang biasanya dimanfaatkan untuk berlibur ke pedesaan dan menyatu dengan alam. Menghabiskan waktu di alam terbuka, jauh dari peralatan modern, diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan untuk bertahan hidup serta mengembangkan diri.

Menerapkan Prinsip-Prinsip Kebahagiaan Finlandia dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari tiga prinsip utama yang diungkap oleh Frank Martela, kita dapat belajar bahwa kebahagiaan sejati tidak hanya bergantung pada materi atau pencapaian eksternal, tetapi juga pada nilai-nilai dan kebiasaan sehari-hari.

Dengan menjaga kejujuran dan kepercayaan, fokus pada kebahagiaan pribadi tanpa membandingkan diri dengan orang lain, serta menghargai dan menyatu dengan alam, kita dapat menciptakan kehidupan yang lebih bahagia dan bermakna.

Finlandia telah memberikan kita contoh yang luar biasa tentang bagaimana hidup dengan kebahagiaan yang sejati. Dengan mengadopsi beberapa prinsip ini, siapa pun dapat menemukan cara untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan mencapai kebahagiaan yang lebih besar. Jadi, mari kita belajar dari orang Finlandia dan mulai menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

Share: