:

Venezia, Gerbangrakyat.com– Bintang Tim Nasional Indonesia, Jay Idzes, tinggal selangkah lagi mewujudkan impiannya untuk bermain di Serie A musim 2024-2025. Tim yang dibelanya, Venezia FC, hanya membutuhkan hasil imbang di leg kedua final playoff Serie B saat melawan Cremonese untuk meraih tiket promosi.

Saat ini, Venezia masih berjuang keras untuk mendapatkan tiket terakhir menuju divisi utama Liga Italia. Setelah menyelesaikan musim reguler Serie B di posisi ketiga, Venezia harus melalui babak playoff untuk memastikan promosi ke Serie A.

Perjalanan Venezia menuju final playoff tidaklah mudah. Mereka harus melewati tantangan di babak semifinal melawan Palermo. Berkat penampilan gemilang, termasuk kontribusi solid dari Jay Idzes di lini pertahanan, Venezia berhasil menumbangkan Palermo dengan agregat skor 3-1.

Di final, Venezia bertemu dengan Cremonese. Pertandingan leg pertama yang berlangsung di Stadion Giovanni Zini, kandang Cremonese, pada Jumat (31/5/2024) dini hari WIB, berakhir dengan skor 0-0. Jay Idzes tampil penuh dari awal hingga akhir pertandingan, menunjukkan performa defensif yang kokoh dan berhasil menjaga gawang Venezia tetap aman dari kebobolan.

Pada pertandingan tersebut, Cremonese yang bertindak sebagai tuan rumah tampil ofensif sejak menit awal. Namun, lini pertahanan Venezia yang digalang Jay Idzes mampu meredam enam peluang berbahaya dari tim tuan rumah sepanjang babak pertama. Venezia juga memiliki tiga peluang emas, tetapi sayangnya gagal dikonversi menjadi gol. Skor kacamata bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Satu momen krusial terjadi di awal babak kedua ketika tendangan bebas Nicholas Pierini dari Cremonese hanya mampu menghantam mistar gawang Venezia. Pertahanan kokoh yang dipimpin oleh Jay Idzes kembali menunjukkan kualitasnya dengan memblok sejumlah tembakan berbahaya dari pemain Cremonese.

Hasil imbang tanpa gol di leg pertama sebenarnya cukup menguntungkan bagi Venezia. Pada leg kedua yang akan berlangsung di markas mereka, Pier Luigi Penzo Stadium, pada Senin 3 Juni 2024, Venezia hanya membutuhkan hasil imbang dengan skor berapa pun untuk memenangkan playoff tersebut.

Berdasarkan posisi peringkat di musim reguler Serie B 2023-2024, Venezia yang berada di posisi ketiga memiliki keuntungan dibandingkan Cremonese yang finis di urutan keempat. Jika leg kedua kembali berakhir imbang, maka Venezia yang berhak promosi ke Serie A.

Jika berhasil memenangkan playoff ini, Venezia akan bergabung dengan Parma dan Como 1907 yang telah memastikan tempat mereka di Serie A 2024-2025 setelah finis di posisi pertama dan kedua pada Serie B musim ini. Kesuksesan ini juga akan menjadi pencapaian luar biasa bagi Jay Idzes, yang akan menjadi salah satu pemain Indonesia yang berkiprah di liga elite Eropa.

Dengan bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Venezia diharapkan mampu memanfaatkan keuntungan kandang untuk setidaknya meraih hasil imbang yang diperlukan. Semua mata kini tertuju pada Jay Idzes dan rekan-rekannya untuk memberikan performa terbaik di leg kedua nanti dan memastikan langkah mereka ke Serie A.

Sumber Okezone Bola

Share: