:

Gerbangrakyat.com – Timnas Indonesia U-20 harus mengakui keunggulan Ukraina dengan skor telak 0-3 dalam pertandingan perdana Grup B Toulon Cup 2024. Laga yang berlangsung di Stade Jules Ladoumegue ini menunjukkan dominasi tim Ukraina yang langsung menekan sejak menit awal.

Pada menit ketujuh, Ukraina mendapatkan peluang emas melalui sundulan Mykola Mykhailenko, namun bola masih melenceng dari sasaran. Tekanan intensif yang diberikan Ukraina akhirnya berbuah gol dua menit kemudian. Alexander Drambayev memberikan umpan silang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Hennadii Synchuk, membuat Ukraina unggul 1-0.

Meski tertinggal, Timnas Indonesia U-20 berusaha bangkit dan mencoba menguasai bola dengan lebih baik. Namun, upaya untuk mencetak gol penyeimbang belum membuahkan hasil. Sebaliknya, Ukraina kembali memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-30 setelah kesalahan blok dari Dion Markx dimanfaatkan oleh Mykailenko untuk menggetarkan gawang yang dijaga oleh Ikram Al Giffari.

Pelatih Indra Sjafri melakukan sejumlah perubahan untuk meningkatkan performa tim, namun tekanan dari Ukraina masih terus berlanjut. Gol ketiga Ukraina tercipta pada menit ke-60 akibat kesalahan antisipasi dari Ikram saat menghalau umpan silang Synchuk, sehingga Oleh Fedor dengan mudah mencetak gol ke gawang yang kosong.

Pergantian pemain dilakukan dengan memasukkan Jens Raven menggantikan Arkhan Kaka pada menit ke-73, namun hal ini belum cukup untuk merubah keadaan. Ukraina terus memberikan ancaman, salah satunya melalui tembakan first time Denys Shostak pada menit ke-79 yang masih jauh di atas mistar gawang.

Hingga akhir pertandingan, Timnas Indonesia U-20 masih berada di bawah tekanan dari Ukraina dan skor 3-0 tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Berikut susunan pemain yang diturunkan dalam pertandingan ini:

Timnas Indonesia U-20: Ikram Algiffari; Muhammad Mufli Hidayat, Dion Markx, Iqbal Gwijangge, Dony Tri Pamungkas; Sem Yvel, Welber Jardim, Toni Firmansyah; Abdulmanan Arlyansyah, Arkhan Kaka, Mufdi Iskandar

Ukraina: Ruslan Neshcheret; Illia Krupskyi, Hennadii Synchuk, Oleksandr Drambaiev, Yevhen Pavliuk, Mykola Mykhailenko, Nazar Voloshyn, Kyrylo Siheiev, Taras Mykhavko, Maksym Braharu, Maksym Kucheriavyi

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-20 diharapkan dapat melakukan evaluasi menyeluruh dan mempersiapkan strategi lebih matang untuk menghadapi pertandingan selanjutnya. Kekalahan ini menjadi pelajaran berharga bagi skuad asuhan Indra Sjafri untuk terus meningkatkan performa demi meraih hasil lebih baik di turnamen ini.

Sumber : CNN Indonesia

Share: