:

Gerbangrakyat.com – Perusahaan teknologi raksasa, Apple, siap mengungkapkan inovasi terbaru mereka dalam konferensi pengembang tahunan, Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, yang akan berlangsung pada 10 Juni. Salah satu sorotan utama yang ditunggu-tunggu adalah peluncuran Apple Intelligence, sebuah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang akan diintegrasikan dalam pembaruan sistem operasi iOS, iPadOS, dan MacOS.

Menurut laporan dari Gizchina, Apple Intelligence hadir sebagai rangkaian fitur yang dirancang untuk merampingkan berbagai tugas dan meningkatkan produktivitas pengguna. “Fitur ini dirancang sebagai opsi tambahan yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka, memberikan kontrol penuh atas pemanfaatan kemampuan AI,” tulis Gizchina dikutip dari Liputan6.com (10/6/2024).

Fitur Unggulan Apple Intelligence

Apple Intelligence menawarkan berbagai fungsi yang memanfaatkan teknologi AI, termasuk transkripsi suara menjadi teks, koreksi foto otomatis, serta saran balasan untuk email dan pesan teks. Pendekatan ini mirip dengan yang telah diterapkan oleh Galaxy AI dari Samsung.

Salah satu keunggulan utama dari Apple Intelligence adalah peningkatan signifikan pada Siri, asisten virtual Apple. Siri akan menjadi lebih cerdas dan responsif, berkat integrasi AI yang didukung oleh neural machine pada chip A17 yang digunakan dalam iPhone 15. “Dengan operasional AI yang terjadi langsung di perangkat, Apple memastikan privasi pengguna lebih terlindungi dan waktu respon yang lebih cepat,” jelas sumber tersebut.

Implementasi pada Perangkat Apple

Fitur-fitur AI ini akan hadir sebagai bagian dari iOS 18, yang akan kompatibel dengan iPhone 15, iPhone 16, iPad, dan Mac. Ini berarti pengguna perangkat tersebut dapat menikmati kemampuan AI tanpa perlu melakukan upgrade perangkat.

Pendekatan Apple untuk menjalankan proses data AI di perangkat, bukan di cloud, menunjukkan komitmen perusahaan terhadap privasi dan keamanan data pengguna. “Proses ini memastikan tidak ada transfer data pengguna ke server eksternal, menjadikan privasi dan keamanan pengguna sebagai prioritas utama,” tambah Gizchina.

Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Apple Intelligence tidak hanya terbatas pada peningkatan Siri. Fitur ini juga akan membawa peningkatan signifikan pada aplikasi Photos, memungkinkan pengguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar dan mengedit foto dengan perintah suara. Selain itu, Apple telah berkolaborasi dengan OpenAI untuk mengembangkan chatbot yang mirip dengan ChatGPT, yang akan diintegrasikan ke dalam Apple Intelligence.

Fungsi AI Summarization juga akan menjadi bagian dari pembaruan ini, memungkinkan browser Safari untuk menghasilkan ikhtisar artikel dari halaman web, serta integrasi dalam pesan teks dan email. Fitur Catch-up akan membantu pengguna meninjau informasi penting dari pemberitahuan yang terlewatkan dengan cepat.

Kesimpulan

Peluncuran Apple Intelligence di WWDC 2024 menandai langkah signifikan dalam perkembangan teknologi AI oleh Apple. Dengan berbagai fitur canggih dan pendekatan yang mengutamakan privasi, Apple Intelligence diharapkan dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan produktif. Para pengguna perangkat Apple dapat menantikan inovasi ini yang akan segera hadir dan meningkatkan fungsionalitas perangkat mereka.

Share: