:

Gerbangrakyat.com, Tim nasional U-16 Indonesia memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala AFF U-16 2024 setelah mengalahkan Laos dengan skor telak 6-1 di Stadion Manahan, Solo. Kemenangan ini juga meneguhkan posisi Indonesia sebagai juara Grup A dengan nilai sempurna sembilan poin.

Jalannya Pertandingan

Laga ini diawali dengan kejutan dari Laos yang berhasil unggul lebih dulu melalui eksekusi penalti Phayak Siphanom pada menit kelima. Penalti diberikan setelah Matthew Baker melanggar Sayyavath Vansavath di dalam kotak penalti. Tendangan Phayak Siphanom yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang sukses mengecoh kiper Indonesia, Mohd Nur Ichsan.

Namun, keunggulan Laos tidak bertahan lama. Indonesia langsung merespons dengan permainan yang agresif. Pada menit ke-23, Indonesia mendapatkan penalti setelah Zahaby Gholy dijatuhkan di dalam kotak penalti. Zahaby sendiri yang mengeksekusi penalti tersebut dengan baik, mengarahkan bola ke sudut kanan bawah gawang Laos, menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kebangkitan Indonesia

Indonesia mulai menunjukkan dominasinya pada menit ke-30 melalui gol bunuh diri Sayyavath Vansavath yang salah mengantisipasi umpan lambung Fabio Azkairawan dari sepak pojok. Keunggulan Indonesia bertambah pada menit ke-37 melalui gol Josh Holong yang memanfaatkan lemparan panjang Fabio. Josh yang berada dalam posisi ideal menyundul bola masuk ke gawang Laos, membuat skor menjadi 3-1.

Tak berhenti di situ, pada masa injury time babak pertama, Putu Panji berhasil mencetak gol keempat untuk Indonesia. Berawal dari tendangan bebas Fabio, Putu yang tak terkawal dengan mudah menyundul bola ke dalam gawang Laos. Babak pertama pun berakhir dengan skor 4-1 untuk keunggulan Indonesia.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia terus menekan dan mendominasi permainan. Sebuah tembakan keras Zahaby Gholy pada menit ke-50 nyaris menambah keunggulan Indonesia, namun kiper Laos, Thitsakhone Sumlivongvath, berhasil melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-61, Indonesia mencetak gol kelima melalui aksi individu Daniel Afrido yang memberikan umpan matang kepada Josh Holong. Josh dengan cerdik menyelesaikan peluang tersebut dengan gerakan memutar, menaklukkan kiper Laos untuk kedua kalinya dalam pertandingan ini.

Gol penutup dicetak oleh Mierza Firjatullah pada menit ke-79. Menerima umpan terobosan, Mierza dengan tenang mencocor bola melewati kiper Laos, mengubah skor menjadi 6-1. Hingga peluit akhir dibunyikan, tidak ada lagi gol yang tercipta dan Indonesia memastikan kemenangan telak atas Laos.

Susunan Pemain

Indonesia U-16:
22-Mohd Nur Ichsan (Dafa Setiawarman 82′); 2-Dafa Zaidan (Fadly Alberto 46′), 4-Putu Panji, 19-Raihan Apriansyah (Al Gazani Dwi Sugandi 62′); 14-Fabio Azkairawan, 8-Nazriel Alfaro Syahdan (Gandrung Satya 75′), 12-Daniel Afrido, 5-Matthew Baker; 7-Muhammad Zahaby Gholy (Mierza Firjatullah 62′), 20-Josh Holong

Laos U-16:
18-Thitsakhone Sumlivongvath; 4-Phisith Orr, 5-Bounthasak Chandala, 8-Daophahad Kamkasomphou, 9-Phayak Siphanom, 10-Binly Donsanouphit, 15-Sayyavath Vansavath, 22-Xayyasith Chitpasong, 23-Phoutthasak Sihakhot; 7-Sikanda Xaisongkham, 14-Ki Mounkanyah

Dengan kemenangan ini, Indonesia akan menanti lawan di babak semifinal yang dijadwalkan berlangsung pekan depan. Sementara Laos harus menunggu hasil dari grup lain untuk mengetahui apakah mereka bisa lolos sebagai runner-up terbaik.

Sumber : Detik Sport

Share: