:

Gerbangrakyat.com – Tim Nasional Jerman memastikan langkah mereka ke babak perempatfinal Euro 2024 setelah meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Denmark dalam pertandingan babak 16 besar yang berlangsung di BVB Stadion, Minggu (30/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini diraih berkat gol penalti dari Kai Havertz dan penyelesaian apik Jamal Musiala di babak kedua.

Pertandingan dimulai dengan tempo tinggi, di mana Jerman langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Dominasi Jerman terlihat jelas dengan terciptanya empat peluang emas dalam 10 menit pertama, memaksa kiper Denmark, Kasper Schmeichel, bekerja keras mengamankan gawangnya.

Gol pertama Jerman sebenarnya sempat tercipta melalui sundulan Nico Schlotterbeck yang memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos. Namun, gol tersebut dianulir karena pelanggaran yang dilakukan Joshua Kimmich. Meski demikian, Jerman terus menekan dengan serangan bertubi-tubi yang membuat Denmark kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Denmark mendapatkan peluang pertama mereka pada menit ke-21 ketika Christian Eriksen mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun bola berhasil diadang oleh Antonio Rüdiger. Serangan Denmark sempat membuat lini belakang Jerman kewalahan, tetapi mereka belum mampu menembus pertahanan solid yang dikawal Manuel Neuer.

Pertandingan sempat terhenti selama 15 menit pada menit ke-35 akibat cuaca buruk dan petir yang menyambar stadion. Setelah laga dilanjutkan, Jerman kembali mendominasi dengan menciptakan beberapa peluang berbahaya melalui Kai Havertz dan Schlotterbeck, namun belum ada yang berbuah gol hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Denmark sempat mencetak gol melalui Joachim Andersen pada menit ke-48, namun gol tersebut dianulir oleh VAR karena posisi offside Thomas Delaney dalam proses terjadinya gol. Tidak lama berselang, Jerman akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-53 lewat penalti Kai Havertz setelah Andersen melakukan handball di kotak terlarang.

Setelah tertinggal, Denmark berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Peluang terbaik mereka datang pada menit ke-66 ketika Pierre-Emile Højbjerg melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, namun Neuer dengan sigap berhasil mengamankan bola. Jerman kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-68 melalui aksi solo run Jamal Musiala yang memanfaatkan umpan panjang dari Schlotterbeck.

Menjelang akhir pertandingan, Jerman hampir menambah gol ketiga melalui Florian Wirtz yang menaklukkan Schmeichel, namun gol tersebut dianulir karena posisi offside. Pertandingan berakhir dengan skor 2-0, mengantarkan Jerman ke babak perempatfinal dan menunggu pemenang antara Spanyol dan Georgia.

Dengan kemenangan ini, Jerman menunjukkan performa solid dan kesiapan mereka menghadapi tantangan lebih berat di babak berikutnya. Pelatih Julian Nagelsmann berharap timnya dapat terus mempertahankan performa impresif ini dan melangkah lebih jauh di turnamen.

Share: