:

Gerbangrakyat.com – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengumumkan rencana penambahan kuota kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo selama libur panjang peringatan Hari Raya Waisak, yang berlangsung dari 23 hingga 26 Mei 2024. Penambahan kuota ini disiapkan berdasarkan hasil pantauan petugas pada laman booking online TNBTS.

“Kuota akan disesuaikan dari hasil pantauan petugas pada laman booking online selama masa libur Waisak,” ujar Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS, Hendra, dikutip dari Liputan6.com Selasa, 22 Mei 2024.

Hendra menjelaskan, jika berdasarkan hasil pantauan laman www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org terlihat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, pihak Balai Besar TNBTS akan menambah kuota kunjungan. Penambahan ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa ketentuan tertentu.

“Jika memang diperlukan penambahan kuota maka akan dilakukan dengan sejumlah ketentuan,” tambah Hendra.

Dalam kondisi normal, kuota kunjungan ke Gunung Bromo ditetapkan sebanyak 2.752 wisatawan per hari. Namun, selama libur panjang Hari Raya Waisak, kuota ini dapat ditingkatkan hingga 5.504 orang per hari jika kuota awal telah habis.

Penambahan ini dilakukan dengan ketentuan spesifik, yaitu untuk wisatawan yang ingin melihat matahari terbit di kawasan Gunung Bromo dan memasuki taman nasional pada dini hari, kuota awal tetap sebanyak 2.752 orang. Jika kuota tersebut habis, pengunjung akan diminta menunggu kuota tambahan yang mulai dibuka pukul 07.00 WIB dengan jumlah 2.752 orang lagi.

Langkah penambahan kuota ini juga mempertimbangkan kenyamanan pengunjung, khususnya di lokasi favorit untuk melihat matahari terbit seperti Gunung Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta, dan Mentingen. Selain itu, upaya ini juga bertujuan meminimalisasi kepadatan lalu lintas di jalur menuju area tersebut.

“Jika kuota mencukupi, tidak akan ditambah, sehingga bersifat situasional saja,” jelas Hendra.

Sepanjang tahun 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo mencapai 368.507 orang, terdiri dari 355.297 wisatawan domestik dan 13.210 wisatawan mancanegara. Kunjungan ini memberikan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp14,70 miliar.

Share: