:

Gerbangrakyat.com – Timnas Inggris berhasil melaju ke perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Slovakia dengan skor 2-1 pada laga yang berlangsung di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Minggu (30/6/2024) malam WIB. Pertandingan ini berlangsung dramatis hingga babak perpanjangan waktu, memastikan Inggris tetap berada di jalur juara.

Gol Awal Slovakia dan Kesulitan Inggris di Babak Pertama

Slovakia unggul lebih dulu melalui gol Ivan Schranz pada menit ke-25. Umpan dari David Strelec diselesaikan dengan baik oleh Schranz yang berhasil melewati penjagaan Marc Guehi dan mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang yang dikawal Jordan Pickford. Hingga babak pertama berakhir, Inggris belum mampu mencetak gol penyama kedudukan dan bahkan belum mencatatkan tembakan tepat sasaran.

Statistik menunjukkan ini adalah pertama kalinya Inggris gagal mencetak tembakan tepat sasaran di babak pertama pada fase gugur turnamen major sejak Piala Dunia 1986 melawan Argentina. Kondisi ini menambah tekanan bagi skuad The Three Lions.

Perjuangan Inggris di Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Inggris mulai meningkatkan intensitas serangan. Phil Foden sempat membobol gawang Slovakia pada menit ke-50, tetapi gol tersebut dianulir oleh wasit Umut Meler setelah tinjauan VAR menunjukkan Foden berada dalam posisi offside. Peluang demi peluang terus diciptakan, namun barisan pertahanan Slovakia tampil solid.

Harry Kane mendapatkan peluang pada menit ke-52, namun tendangannya berhasil diblok oleh bek Slovakia, Denis Vavro. Kesempatan emas juga didapatkan Declan Rice sepuluh menit menjelang akhir pertandingan, tetapi tendangannya dari luar kotak penalti hanya membentur tiang gawang.

Dramatis di Injury Time dan Babak Perpanjangan Waktu

Gol yang dinantikan akhirnya tiba pada menit ke-90+5 melalui tendangan Jude Bellingham, menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di menit ke-91, Inggris berbalik unggul berkat sundulan Harry Kane yang memanfaatkan bola hasil tendangan bebas Cole Palmer yang ditepis oleh kiper Slovakia, Martin Dubravka.

Kemenangan ini memastikan langkah Inggris ke babak perempat final, di mana mereka akan berhadapan dengan Swiss pada Sabtu (6/7/2024).

Susunan Pemain

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Guehi, Trippier (Palmer 66′), Mainoo (Eze 84′), Rice, Saka, Bellingham (Konza 105′), Foden, Kane (Gallagher 105′).

Slovakia: Dubravka, Pekarik, Vavro, Skriniar, Hancko, Kucka (Bero 81′), Lobotka, Duda (Benes 81′), Schranz (Gyomber 90+3′), Strelec (Bozenic 62′), Haraslin (Suslov 61′).

Sumber : Kompas

Share: