:

Gerbangrakyat.com – Instagram terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang mendukung kenyamanan penggunanya.

Salah satu fitur yang patut mendapat perhatian adalah Quiet Mode atau mode senyap. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjeda notifikasi selama periode waktu tertentu, membantu mereka tetap fokus pada aktivitas di dunia nyata tanpa gangguan.

Apa Itu Quiet Mode Instagram?

Dilansir dari detik.com, Quiet Mode Instagram atau mode senyap Instagram adalah fitur yang dirancang untuk mematikan notifikasi selama periode tertentu.

Ketika mode ini diaktifkan, pengguna lain akan melihat akun Anda dalam status “Dalam mode senyap”, ditandai dengan perubahan titik aktif hijau menjadi ikon bulan.

Pengguna yang mengirimkan direct message (DM) kepada Anda selama mode senyap aktif akan menerima balasan otomatis yang menjelaskan bahwa Anda tidak akan menerima notifikasi selama periode tersebut.

Setelah mode senyap berakhir, Anda akan mendapatkan ringkasan notifikasi atau DM baru yang diterima selama mode ini aktif.

Fitur ini sangat berguna untuk membantu Anda tetap fokus pada kegiatan penting tanpa terganggu oleh notifikasi yang masuk secara terus-menerus.

Cara Mengaktifkan Quiet Mode Instagram

Mengaktifkan mode senyap di Instagram cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Buka profil atau foto profil akun Instagram di kanan bawah.
  2. Klik more options (ikon tiga garis) di bagian kanan atas.
  3. Klik simbol notifikasi.
  4. Pilih “Mode senyap” untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.
  5. Jika mengaktifkan mode senyap, Anda bisa mengatur waktu aktifnya sesuai kebutuhan, hingga 12 jam setiap hari atau lebih lama.

Perlu dicatat, meskipun mode senyap diaktifkan, Anda masih dapat menggunakan Instagram, mengirim, dan menerima pesan seperti biasa. Namun, notifikasi tidak akan muncul hingga mode senyap dinonaktifkan.

Fitur Quiet Mode Instagram memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna atas waktu yang mereka habiskan di platform ini dan jenis konten yang mereka lihat. Dengan mengaktifkan mode ini, pengguna dapat mengatur waktu mereka dengan lebih baik, khususnya di malam hari atau saat membutuhkan waktu tanpa gangguan digital.

Meta juga merekomendasikan para remaja untuk mengaktifkan mode senyap saat menghabiskan waktu di Instagram pada larut malam. Secara default, pengaturan mode senyap adalah dari pukul 23.00 hingga 07.00, namun pengguna dapat menyesuaikan waktu ini di Pengaturan.

Kesimpulan

Quiet Mode Instagram adalah fitur inovatif yang membantu pengguna mengelola waktu mereka dengan lebih efektif, mengurangi gangguan notifikasi, dan tetap fokus pada kegiatan penting di dunia nyata. Dengan langkah-langkah yang mudah diikuti untuk mengaktifkannya, fitur ini menjadi solusi tepat bagi mereka yang ingin mengendalikan interaksi digital mereka secara lebih baik.

Dengan memahami dan memanfaatkan Quiet Mode Instagram, Anda dapat menikmati pengalaman bersosial media yang lebih teratur dan nyaman. Jadi, segera aktifkan mode senyap ini dan rasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Share: