:

Jakarta, Gerbangrakyat.com – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menekankan pentingnya perhitungan matang dalam menentukan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan mendatang. Hal ini disampaikan Megawati dalam pidato penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP yang berlangsung di Beach International Stadium, Ancol, Jakarta.

Dalam pidatonya, Megawati tidak memberikan kejelasan mengenai posisi politik PDIP, apakah akan berada di dalam atau di luar pemerintahan. “Lah ini kan juga, kan ‘Sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan’, gitu kan. Lah iya, loh enak ae. Kalau menit ini saya ngomong, hi-hi, kan harus dihitung secara politik,” ujar Megawati sambil tersenyum, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari kader PDIP yang hadir seperti dikutip dari Detik.com.

Megawati menyadari bahwa banyak pihak yang menantikan keputusan PDIP terkait posisi politik mereka. Ia menyatakan bahwa keputusan ini tidak akan diambil secara terburu-buru, tetapi akan dipertimbangkan dengan cermat. “Aku sambil sarapan gitu kan, aku bilang he-he enak aja, ya dong. Gua mainin dulu dong,” tambah Megawati, yang kembali disambut dengan tawa dan sorakan dari para kader.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati juga mengajak para kader untuk tetap solid dan mendukung keputusan yang akan diambil oleh partai. “Setuju nggak?” tanyanya kepada kader, yang langsung dijawab dengan suara serentak “Setuju” dari para kader PDIP. “Sip,” tutup Megawati.

Rakernas V PDIP kali ini menjadi momen penting bagi partai berlambang banteng tersebut untuk menyusun strategi politik ke depan, terutama menjelang Pemilihan Umum 2024. Meskipun belum ada keputusan final, pernyataan Megawati menegaskan bahwa PDIP akan mengambil langkah yang strategis dan penuh perhitungan dalam menentukan sikap politiknya.

Rakernas PDIP yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh ribuan kader dari seluruh Indonesia. Selain membahas sikap politik, Rakernas juga menjadi ajang konsolidasi dan pemantapan program kerja partai dalam menghadapi berbagai tantangan politik dan sosial yang ada.

Dengan belum diumumkannya sikap politik PDIP secara resmi, spekulasi dan dinamika politik di tanah air diprediksi akan terus berkembang. Keputusan final yang diambil oleh PDIP akan menjadi salah satu penentu arah politik Indonesia ke depan, mengingat posisi PDIP sebagai salah satu partai besar dengan basis massa yang kuat.

Share: