:

Gerbangrakyat.com – Wacana duet antara Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam Pilgub DKI Jakarta 2024 mulai mengemuka. Menariknya, Kaesang menegaskan bahwa dirinya tidak memerlukan izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang merupakan ayahnya, untuk memutuskan dengan siapa dia akan berpasangan.

“Ya memang saya perlu izin? Saya ketua umum, saya ada kursi di sini, beda dong,” kata Kaesang Pangarep didikutip dari detik.

Kaesang juga tidak mempermasalahkan jika kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) memilih untuk tidak mendukung Anies. Menurutnya, perbedaan pandangan politik adalah hal yang wajar.

“Itu balik lagi itu kan dari teman-teman Projo, nggak masalah, kan mereka punya pandangan politik yang berbeda nggak masalah,” tambahnya.

Komunikasi Politik yang Intens

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta telah mengungkapkan niat mereka untuk menduetkan Anies dengan Kaesang dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Menanggapi hal tersebut, Kaesang menyatakan bahwa dirinya siap dipasangkan dengan siapa pun.

“Kalo itu kan komunikasinya sekarang masih di tingkat provinsi di teman-teman DPW ya. Tapi kalo saya ditanya siap atau nggak ya harus siap,” ujarnya.

Tidak hanya Anies, wacana juga menyebutkan potensi pasangan antara Kaesang dengan Ridwan Kamil (RK). Kaesang menegaskan bahwa ia siap berkolaborasi dengan siapa pun dalam dunia politik.

“Siap juga (dengan Ridwan Kamil), saya balik lagi namanya politik kita ya nggak masalah kok dengan siapa pun,” ucapnya.

Anies Baswedan: Kesetaraan Hak Setiap Warga Negara

Di sisi lain, Anies Baswedan menanggapi peluang dirinya berduet dengan Kaesang dengan menekankan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk dipilih.

“Sebenarnya secara prinsip setiap warga negara memiliki hak yang sama. Hak yang sama untuk dipilih,” kata Anies Baswedan di DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6).

Anies juga menambahkan bahwa proses penentuan pasangan calon akan melalui diskusi dengan partai pengusung untuk menemukan kombinasi yang terbaik.

“Hasil ini adalah proses di mana partai-partai menetapkan siapa yang akan dicalonkan. Dari situ kemudian nanti akan dicarikan, dicari kombinasi pasangan sebagai bagian dari proses politiknya,” jelas Anies.

Respons dari Gibran Rakabuming Raka

Wakil presiden terpilih sekaligus kakak dari Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, turut merespons wacana duet Kaesang-Anies dengan nada positif. Gibran menyambut baik kemungkinan tersebut dan mendoakan yang terbaik untuk semua calon.

“Bagus itu, bagus,” kata Gibran singkat, dikutip dari detikJateng, Kamis (13/6). “Mendoakan semua calon yang terbaik. Udah ya,” tambahnya.

Share: