:

Gerbangrakyat.com – Afriansyah Noor, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, menerima kabar mengejutkan saat sedang bertugas di Jenewa, Swiss. Pada 12 Juni 2024, saat menghadiri Konferensi International Labour Organization (ILO), Afriansyah diberitahu bahwa dirinya telah diberhentikan dari posisi Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB). Keputusan ini diambil oleh pimpinan partai yang baru, setelah Yusril Ihza Mahendra mengundurkan diri sebagai Ketua Umum PBB pada 18 Mei lalu.

Dalam pernyataan resminya melalui sebuah video di akun TikTok pribadinya, Afriansyah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Yusril Ihza Mahendra dan rekan-rekan partai meskipun dirinya diberhentikan setelah berkarier selama 27 tahun di PBB. “Saya menerima keputusan ini saat sedang dalam tugas dinas di Swiss, dan saya ucapkan terima kasih kepada Pak Yusril dan teman-teman di partai,” ujar Afriansyah dikutip dari detik.com.

Fahri Bachmid, yang kini menjabat sebagai Penjabat Ketua Umum PBB, menjelaskan bahwa pergantian posisi dalam struktur partai merupakan hal yang biasa dan dilakukan demi kepentingan penataan serta konsolidasi internal partai. “Penggantian posisi sekjen adalah hal lumrah dan sesuai dengan mekanisme AD/ART partai. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2024,” jelas Fahri.

Yusril Ihza Mahendra, eks Ketua Umum PBB, menegaskan bahwa keputusan untuk menggantikan Afriansyah dengan Mohammad Masduki adalah sepenuhnya kewenangan Pj ketum yang baru. “Kewenangan mengangkat Sekjen PBB ada di tangan ketua umum. Jadi, keputusan ini sepenuhnya berada di bawah kewenangan Pj ketum, bukan saya,” kata Yusril.

Keputusan ini juga telah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, yang menganggap proses pergantian tersebut sesuai dengan AD/ART PBB serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Tidak ada sengketa terkait pergantian ini, sehingga perubahan susunan pengurus DPP PBB, termasuk posisi Sekjen, disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM,” tambah Yusril.

Dengan pergantian ini, Afriansyah Noor akan fokus pada tugasnya sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, sembari mengenang perjalanan panjangnya bersama PBB yang penuh suka dan duka. “Pengabdian saya sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan selama dua tahun ini merupakan amanah dari partai dan saya akan terus menjalankannya dengan sebaik mungkin,” pungkas Afriansyah.

Pergantian ini menandai babak baru bagi Partai Bulan Bintang dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan politik ke depan, khususnya Pilkada Serentak 2024, yang menjadi agenda strategis nasional partai tersebut.

Share: