:

Gerbangrakyat.com – Feed Instagram adalah etalase digital yang menampilkan foto dan video di profil pengguna. Tampilan feed yang menarik dan estetik tidak hanya mampu meningkatkan jumlah likes dan followers, tetapi juga memperkuat personal branding.

Bagi kamu yang ingin menyusun feed Instagram yang menawan, berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti.

Cara Membuat Feed Instagram yang Menarik dan Aesthetic

1. Tentukan Grid Layout

Grid layout adalah tata letak postingan yang membantu kamu menentukan posisi foto atau video yang akan diunggah. Dengan grid layout, kamu bisa menciptakan feed yang konsisten dan estetik. Beberapa grid layout yang populer antara lain:

  • Puzzle Feed: Menyusun feed agar terlihat seperti potongan puzzle yang menyatu. Aplikasi seperti Grid Post di App Store dan Play Store bisa membantu kamu membuat puzzle feed.
  • Checkerboard/Tiles Feed: Mengunggah foto yang diselingi dengan quotes atau konten lainnya secara berselang-seling. Ini memberikan variasi dan visual yang menarik.
  • Horizontal Lines: Mengunggah tiga foto dengan tema yang sama secara horizontal. Model ini membuat feed terlihat rapi dan terorganisir.
  • Border: Menggunakan border yang sama untuk setiap foto sehingga feed terlihat lebih rapi dan unik.

2. Pilih Tema

Pemilihan tema yang konsisten dapat menunjukkan kepribadian dan membangun personal branding. Beberapa tema yang bisa kamu coba antara lain:

  • Minimalis: Tampilan sederhana, bersih, dan rapi dengan banyak whitespace.
  • Black & White: Tema hitam putih yang timeless dan elegan.
  • Vintage: Menggunakan warm tone untuk memberikan kesan elegan dan unik.
  • Natural: Menggunakan warna earth tone untuk tampilan yang segar dan hangat.

3. Gunakan Filter yang Sama

Menggunakan filter yang sama pada setiap postingan akan memberikan kesan estetik yang konsisten pada feed. Tentukan filter favorit dan gunakan secara konsisten untuk semua foto yang diunggah.

4. Mengatur Urutan Postingan

Mengatur urutan postingan sebelum mengunggahnya akan membantu kamu menciptakan tampilan feed yang harmonis. Aplikasi seperti Preview dapat membantu kamu menyusun urutan postingan dan melihat hasilnya sebelum diposting.

5. Terapkan Color Coordinate

Memperhatikan skema warna pada feed adalah cara efektif untuk menciptakan tampilan yang estetik. Pilih 2-3 warna yang akan kamu gunakan secara konsisten pada setiap postingan. Ini akan memberikan kesan yang seragam dan menarik.

6. Perhatikan Kualitas Foto

Kualitas foto yang baik adalah kunci utama untuk membuat feed Instagram terlihat menarik. Pastikan foto yang diunggah memiliki resolusi tinggi, tajam, dan jelas. Kamu bisa mengedit foto dengan meningkatkan nilai contrast dan sharpness sebelum diunggah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menciptakan feed Instagram yang menarik, estetik, dan mampu meningkatkan jumlah likes serta followers. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Share: