:

Gerbangrakyat.com – Staf Khusus Presiden, Grace Natalie, merespons pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, yang menyindir kepemimpinan saat ini dengan membuat versi-versi kepemimpinan baru. Grace menekankan bahwa Presiden Joko Widodo selalu teguh memegang prinsip-prinsip yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

“Pak Jokowi selalu teguh memegang apa yang dicita-citakan para pendiri bangsa,” ujar Grace Natalie kepada wartawan, Sabtu (6/7/2024).

Grace juga menambahkan bahwa Jokowi menjalankan tugasnya dengan berpedoman pada Pancasila, yang menjadi dasar pembentukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang saat ini dipimpin langsung oleh Megawati Soekarnoputri.

“Dalam menjalankan tugasnya sebagai presiden, Pak Jokowi konsisten dan teguh berpedoman pada Pancasila. Itu juga sebabnya Pak Jokowi membentuk BPIP yang dipimpin langsung oleh Ibu Mega,” lanjutnya.

Sebelumnya, Megawati menyinggung kepemimpinan Jokowi dalam pidatonya di acara ‘Sekolah Partai’ PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada Jumat (5/7/2024). Megawati menyatakan bahwa lagu Indonesia Raya menunjukkan bahwa Indonesia lahir dengan konsep negara yang paripurna dan lengkap. Menurutnya, pesan dalam lagu tersebut semakin meyakinkan bahwa Indonesia memang lahir dengan konsep yang sangat matang sebagai negara.

“Pesan yang terdapat dalam lagu Indonesia Raya tersebut semakin meyakinkan saya, bahwa Indonesia memang lahir dengan sebenarnya. Sebuah konsepsi yang sudah sangat lengkap sebagai negara paripurna,” kata Megawati dalam pidatonya.

Megawati juga menyampaikan pandangannya kepada Presiden Jokowi mengenai pentingnya menjalankan apa yang sudah dipikirkan dan dituliskan oleh para pendiri bangsa, bukan menciptakan versi baru dari kepemimpinan.

“Saya kan bilang mau nyari apa lagi sih? Saya ngomong sama Pak Jokowi, kalian pemimpin ya, itu harus menjalankan apa yang dipikirkan, dan dituliskan oleh para pendiri bangsa bukan kita bikin versi-versi,” imbuhnya.

Megawati menilai bahwa saat ini banyak pemimpin yang cenderung membuat versi mereka sendiri, yang menurutnya adalah hal yang aneh. Menurut Megawati, pemimpin seharusnya fokus menjalankan apa yang sudah ada daripada menciptakan konsep baru yang belum tentu sesuai dengan prinsip awal pendiri bangsa.

“Nah kalau sekarang saya lihat pemimpin bikin versi, aneh, ya mbok yo yang udah ada dijalanin aja susah banget,” katanya.

Pendapat Megawati ini mendapat tanggapan serius dari Grace Natalie yang menegaskan kembali bahwa Presiden Jokowi tetap setia menjalankan prinsip-prinsip dasar yang telah ditetapkan oleh para pendiri bangsa dan berpedoman pada Pancasila dalam setiap langkahnya sebagai kepala negara.

Sumber : Detik

Share: