:

Gerbangrakyat.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi mengangkat Agus Fatoni sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), menggantikan Hassanudin yang akan beralih tugas menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Agus Fatoni sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Sumut, Harianto Butarbutar, mengonfirmasi berita pergantian ini. “Iya, kabarnya begitu (Agus Fatoni jadi Pj Gubsu),” ujar Harianto dikutip dari CNN Indonesia.

Pelantikan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumut akan dilaksanakan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, pada Senin, 24 Juni 2024. Acara pelantikan tersebut dijadwalkan berlangsung pukul 15.30 WIB di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kemendagri, Jakarta Pusat.

Dalam surat undangan pelantikan yang diterima oleh para tamu undangan, tercatat bahwa pelantikan tersebut bernomor: 100.2.1.3/2817/SJ. Selain Agus Fatoni, terdapat dua Penjabat Gubernur lainnya yang akan dilantik pada kesempatan yang sama, yakni Pj Gubernur Sumsel dan Pj Gubernur NTB.

Agus Fatoni, yang telah memiliki pengalaman menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel, diharapkan dapat membawa perubahan positif dan melanjutkan pembangunan di Sumut. Rotasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja di tingkat pemerintah daerah.

Sementara itu, Hassanudin akan mengemban tugas baru sebagai Pj Gubernur NTB menggantikan Lalu Gita Ariadi. Pergantian ini merupakan langkah strategis Mendagri dalam menata ulang kepemimpinan di daerah agar lebih efektif dan efisien dalam melayani masyarakat.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Kemendagri dan perwakilan dari pemerintah daerah masing-masing provinsi. Acara ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan di berbagai wilayah Indonesia.

Share: