:

Gerbangrakyat.com – Dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada matchday kelima yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (6/6) pukul 16.00 WIB. Pertandingan ini akan dipimpin oleh wasit asal Australia, Shaun Evans.

Shaun Evans, yang dikenal dengan ketegasan dan keputusan adilnya, telah beberapa kali mengawal pertandingan penting di berbagai kompetisi internasional. Nama Shaun Evans mulai dikenal pecinta sepak bola Tanah Air setelah aksinya yang menguntungkan Timnas U23 Indonesia pada ajang Piala Asia U23 2024. Kala itu, beberapa keputusan penting Evans, termasuk menganulir gol Korea Selatan dan memberikan kartu merah, membantu Indonesia melaju ke semifinal.

Evans, yang lahir di Victoria, Australia pada 21 Oktober 1987, memulai kariernya di A-League sebagai asisten wasit pada tahun 2008 dan dipromosikan menjadi wasit utama pada tahun 2012. Ia kemudian diangkat menjadi wasit penuh dari Football Australia pada tahun 2016 dan masuk dalam daftar Wasit Internasional FIFA setahun kemudian.

Selain berkarier di Liga Australia, Shaun Evans juga pernah memimpin pertandingan di Liga Super China pada tahun 2013 dan beberapa laga di Liga 1 Indonesia pada musim 2016/17. Dalam tiga penampilannya di Liga 1, Evans dikenal karena ketegasannya dengan memberikan total 15 kartu kuning dan dua penalti.

Dalam karier internasionalnya, Shaun Evans telah bertugas di berbagai turnamen bergengsi seperti AFC Cup, Asian Games, dan Piala Dunia 2022 sebagai wasit Video Assistant Referee (VAR). Pada tahun 2023, ia kembali bertugas di Piala Asia, baik untuk kategori senior maupun kelompok umur U23.

Selama menjadi wasit utama, Shaun Evans telah mencatatkan total 218 penampilan dengan mengeluarkan 809 kartu kuning, 21 kartu merah, dan memberikan 75 kali penalti. Rekan-rekannya dalam laga Indonesia vs Irak nanti adalah Lakrindis George dan Goldrick Owen dari Australia sebagai asisten wasit, serta Kim Dae-young dari Korea Selatan sebagai wasit keempat.

Kehadiran Shaun Evans diharapkan bisa membawa keberuntungan bagi Timnas Indonesia seperti yang terjadi di ajang Piala Asia U23 2024. Dengan pengalamannya yang luas dan ketegasan dalam memimpin pertandingan, pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Irak di SUGBK diprediksi akan berjalan dengan fair dan kompetitif.

Sebagai informasi tambahan, Shaun Evans telah dikenal sebagai salah satu wasit terbaik di A-League musim 2018/2019 dan telah memiliki lisensi wasit FIFA sejak tahun 2017. Dengan usia 36 tahun, ia masih memiliki banyak waktu untuk terus memberikan kontribusi di dunia sepak bola internasional.

Sumber : Trubun Kaltim

Demikian profil singkat Shaun Evans, wasit yang akan memimpin laga penting antara Timnas Indonesia melawan Irak dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Para pecinta sepak bola diharapkan dapat menyaksikan pertandingan ini dan memberikan dukungan penuh bagi Timnas Indonesia.

Share: