:

Gerbangrakyat.com – Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan inisiatif monumental yang dibentuk oleh Bank Indonesia untuk menciptakan sistem pembayaran nasional yang terintegrasi dan efisien.

Sistem ini mulai direncanakan sejak penyusunan cetak biru pada tahun 1995-1996 dan akhirnya diresmikan pada 4 Desember 2017 melalui Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017. Dengan adanya GPN, transaksi non-tunai di Indonesia diharapkan menjadi lebih aman, andal, dan terpercaya.

Struktur GPN: Sinergi Tiga Lembaga Utama

Untuk menyukseskan penyelenggaraan GPN, Bank Indonesia membentuk tiga lembaga utama yang memiliki peran strategis dalam operasionalisasi sistem ini:

  1. Lembaga Standar: Dikelola oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), lembaga ini bertugas menyusun dan mengelola standar dalam GPN, memastikan seluruh instrumen pembayaran memiliki interoperabilitas yang tinggi.
  2. Lembaga Switching: Berfungsi untuk menyelenggarakan pemrosesan transaksi secara domestik. Empat penyelenggara jaringan domestik yang saat ini menjalankan fungsi ini adalah PT Artajasa Pembayaran Elektronik (ATM Bersama), PT Rintis Sejahtera (ATM PRIMA), PT Jalin Pembayaran Nusantara (ATM Link), dan PT Alto Network (ATM ALTO).
  3. Lembaga Services: Konsorsium dari sejumlah bank BUKU IV dan penyelenggara switching yang menangani kebutuhan operasional industri seperti rekonsiliasi, kliring, dan setelmen. Saat ini, PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN) menjalankan fungsi ini.

Manfaat GPN bagi Pemegang Kartu

Implementasi GPN membawa berbagai keuntungan bagi pemegang kartu debit berlogo GPN:

  • Aman, Andal, dan Terpercaya: Transaksi non-tunai menjadi lebih mudah dan terjamin keamanannya dengan teknologi chip dan PIN 6 digit.
  • Tanpa Biaya Tambahan: Pemegang kartu tidak dikenakan biaya tambahan saat bertransaksi di seluruh merchant di Indonesia.
  • Tanpa Minimum Transaksi: Tidak ada batasan minimum transaksi, memudahkan pembayaran dalam berbagai situasi.
  • Aksesibilitas Tinggi: Kartu debit GPN diterima di semua mesin EDC di berbagai toko dan merchant.

Manfaat Bagi Masyarakat

Selain keuntungan bagi pemegang kartu, GPN juga memberikan manfaat luas bagi masyarakat umum:

  • Aksesibilitas: Kartu debit berlogo GPN dapat digunakan di semua mesin EDC di seluruh Indonesia, memudahkan transaksi sehari-hari.
  • Kenyamanan: Transaksi non-tunai bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu membawa uang tunai.
  • Efisiensi: Penggunaan kartu debit GPN menghemat biaya dan waktu karena dapat digunakan di berbagai mesin EDC.
  • Fitur dan Layanan Terstandarisasi: Pengalaman pengguna yang konsisten dan mudah di seluruh Indonesia.

Dengan keberadaan GPN, Bank Indonesia berupaya meningkatkan inklusi keuangan dan efisiensi sistem pembayaran nasional. GPN tidak hanya memperkuat infrastruktur pembayaran elektronik di Indonesia, tetapi juga mendorong terciptanya ekosistem keuangan yang lebih modern dan inklusif.

Inovasi ini diharapkan dapat terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis. Melalui GPN, Indonesia siap menghadapi tantangan di era digital dengan sistem pembayaran yang lebih terintegrasi, aman, dan efisien.

Share: